Perkara SPT, Pembiaran Masalah Klise Otoritas Pajak

Rasio kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan Surat Pemberitahuan atau SPT Tahunan mengindikasikan adanya stagnasi yang mengarah ke penurunan.

Tegar Arief Fadly

2 Apr 2024 - 14.01
A-
A+
Perkara SPT, Pembiaran Masalah Klise Otoritas Pajak

Ilustrasi aktivitas SPT Tahunan pajak./Bisnis-ARF

Bisnis, JAKARTA - Otoritas pajak memiliki pekerjaan besar yang tampaknya mustahil untuk dituntaskan, yakni memacu rasio kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan Surat Pemberitahuan atau SPT Tahunan Pajak Penghasilan. Maklum, dari tahun ke tahun rasio kepatuhan dan pertumbuhan jumlah pelapor pajak terus menyusut.

Ini tentu menjadi isu yang wajib segera diselesaikan dalam rangka mengamankan kepatuhan wajib pajak dalam menyampaikan hasil pembayaran Pajak Penghasilan (PPh).

Memang, pelaporan SPT tidak linier secara langsung pada realisasi penerimaan negara mengingat penyerahan pajak selalu dilakukan oleh pemberi kerja kepada fiskus setiap bulan.

Akan tetapi, tingkat kepatuhan yang tecermin dari rasio kepatuhan wajib pajak menjadi salah satu tolok ukur sentral yang menggambarkan kesuksesan dari fiskus dalam menjalankan fungsinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Perkara SPT, Pembiaran Masalah Klise Otoritas Pajak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.