Perkuat Pilar Regulasi Menuju Buka Moratorium Pinjol

Sederet regulasi terkait pinjaman online atau pinjol telah diterbitkan sebagai penguat fondasi industri finansial teknologi. Bahkan otoritas menyebut pembukaan moratorium perizinan pinjol akan dilakukan pada fase pertama 2023-2024.

Rika Anggraeni

4 Jan 2024 - 17.30
A-
A+
Perkuat Pilar Regulasi Menuju Buka Moratorium Pinjol

Pegawai mencari informasi tentang pinjaman online (pinjol) di salah satu perkantoran, Jakarta, Senin (14/8/2023). - Bisnis/Himawan L. Nugraha.

Bisnis, JAKARTA— Sederet regulasi terkait pinjaman online atau pinjol telah diterbitkan sebagai penguat pondasi industri finansial teknologi. Bahkan otoritas menyebut pembukaan moratorium perizinan pinjol akan dilakukan pada fase pertama 2023-2024.

Baru-baru ini regulasi terkait perlindungan konsumen menjadi penyeimbang. Dalam hal ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengeluarkan aturan khusus yang mengatur jadwal penagihan utang pinjol oleh debt collector.

Melalui Surat Edaran OJK (SOJK) Nomor 19 Tahun 2023 tentang Penyelenggara Layanan Pendanaan Berbasis Teknologi Informasi, OJK mengatur agar debt collector hanya bisa menagih utang pinjol dari pukul 08.00-20.00.

Untuk melanjutkan industri pinjol, OJK meluncurkan roadmap Pengembangan dan Penguatan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi (LPBBTI) periode 2023-2028. OJK membagi pengembangan pinjol di Tanah Air dalam tiga fase.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Perkuat Pilar Regulasi Menuju Buka Moratorium Pinjol

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.