Perlombaan Bank Asing Sasar Pembiayaan Hijau Domestik

Sejumlah bank asing tercatat bergeliat mendorong pembiayaan hijau di Indonesia. Hal ini seiring dengan potensi ekonomi transisi yang besar di Tanah Air.

Fahmi Ahmad Burhan

16 Jun 2023 - 18.21
A-
A+
Perlombaan Bank Asing Sasar Pembiayaan Hijau Domestik

Ilustrasi ekonomi hijau. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Besarnya potensi pasar ekonomi hijau di Indonesia seiring dengan agenda besar transisi menuju ekonomi hijau turut menarik minat kalangan bank-bank asing yang membuka kantor cabangnya di Indonesia. Bank-bank ini pun berlomba mengucurkan pembiayaan hijau pada debitur domestik.

Standard Chartered PLC. (StanChart) misalnya secara global berinovasi meluncurkan produk keuangan berkelanjutan baru, termasuk pembiayan hijau seperti pembiayaan perdagangan berkelanjutan dan perjanjian pembelian kembali yang dikaitkan dengan kriteria environmental, social, and governance (ESG).

Bank ini juga meluncurkan green mortgage, green auto loan dan sustainable deposit. StanChart menargetkan untuk memobilisasi pembiayaan hijau dan transisi sebesar US$300 miliar pada akhir dekade ini.

Chairman Standard Chartered Group, Jose Vinals, mengatakan bahwa upaya mendorong pembiayaan hijau juga dilakukan di Indonesia sebagai pasar yang potensial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.