Perluasan Batasan Penghasilan Kriteria MBR Demi Manfaat Tapera

Konsep penerima manfaat pembiayaan perumahan tidak dibatasi pada kriteria penghasilan tetapi diperluas menjadi pekerja yang belum memiliki rumah pertama.

Yanita Petriella

11 Jun 2024 - 18.25
A-
A+
Perluasan Batasan Penghasilan Kriteria MBR Demi Manfaat Tapera

Ilustrasi rumah subsidi. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah diminta memperluas kategori masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menjadi berpenghasilan hingga Rp12 juta agar dapat memanfaatkan program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Adapun saat ini kategori MBR yang ditetapkan yakni berpenghasilan dari Rp4 juta hingga Rp8 juta. 

Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika mengatakan perluasan kategori MBR ini untuk menarik minat kepesertaan program Tapera. Hal ini sejalan dengan sasaran program Tapera untuk meningkatkan kesejahteraan para PNS maupun pekerja swasta atau mandiri.

“Definisi masyarakat berpenghasilan rendahnya harus ditingkatkan, jangan Rp8 juta lagi tapi bisa Rp12 juta mungkin agar cakupannya bisa menjadi luas,” ujarnya dikutip Selasa (11/6/2024). 

Menurutnya, program Tapera akan bermanfaat bagi pekerja seperti bantuan down payment (DP) rumah hingga nilai bunga KPR yang lebih murah bekisar 5%. Besaran bunga ini lebih rendah jika dibandingkan dengan bunga perbankan di pasaran sekitar 11%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.