Permudah Adopsi, Volvo Perluas Penawaran Truk Listrik

Volvo Trucks, merek dengan jajaran truk elektrik terlengkap, memperluas penawarannya dengan memperkenalkan versi rigid dari truk listrik beratnya, mencakup Volvo FH, Volvo FM, dan Volvo FMX. Hal ini semakin memudahkan perusahaan transportasi untuk mengadopsi di perkotaan dan daerah.

Fatkhul Maskur

20 Des 2022 - 11.00
A-
A+
Permudah Adopsi, Volvo Perluas Penawaran Truk Listrik

Volvo Trucks Electric. - Foto Folvo

Bisnis, JAKARTA - Volvo Trucks, merek dengan jajaran truk elektrik terlengkap, memperluas penawarannya dengan memperkenalkan versi rigid dari truk listrik beratnya, mencakup Volvo FH, Volvo FM, dan Volvo FMX. Hal ini semakin memudahkan perusahaan transportasi untuk mengadopsi di perkotaan dan daerah.

Berkat berbagai opsi baterai, kabin, dan sasis, truk berat baru ini dapat dirancang untuk membawa superstruktur listrik untuk berbagai tugas pengangkutan khusus, termasuk distribusi barang, pengumpulan sampah, dan pekerjaan konstruksi. Produksi varian baru akan dimulai pada kuartal pertama 2023.

“Dengan truk listrik baru ini, kami semakin memudahkan lebih banyak pelanggan untuk beralih ke listrik, dan bagi kota-kota untuk beralih ke kendaraan tanpa emisi untuk hampir semua arus transportasi,” jelas Roger Alm, Presiden Volvo Trucks, Senin (12/12/2022).

Pelanggan Volvo Trucks dapat membuat menjadikan kendaraan tersebut untuk operasi khusus mereka, untuk mengurangi emisi sekaligus mendapatkan fungsi yang sama seperti truk diesel yang mereka gunakan saat ini.

Ekspansi lini produk merek otomotif Swedia tersebut seiring dengan truk listrik yang semakin lebih menarik bagi pengemudi dan kota. 

Truk diesel dengan muatan berat adalah pemandangan umum di banyak kota di dunia. Sekarang, untuk tugas pengangkutan yang sama, telah dimungkinkan untuk menggunakan truk listrik. 

Selain menghasilkan nol emisi gas buang, truk listrik menyediakan lingkungan kerja yang lebih baik bagi pengemudi karena senyap. Truk listrik juga berkontribusi terhadap terciptanya kota yang lebih layak huni bagi penduduk.

Selain itu, kehadiran jajaran terbaru truk elektrik Volvo juga meningkatkan fleksibilitas pelanggan.

Truk kaku baru memiliki kapasitas baterai 180 kWh - 540 kWh. Hal ini, bersama dengan jumlah baterai yang diterapkan pada truk, memberikan fleksibilitas yang tinggi dan berbagai potensi operasi.

Truk-truk ini dapat menangani semua jenis angkutan, dari muatan ringan hingga berat. Pelanggan dapat memilih kapasitas baterai yang tepat yang mereka butuhkan untuk penugasan mereka, dan dengan tidak membawa baterai lebih banyak dari yang dibutuhkan, muatan dapat meningkat. 

"Singkatnya, kami memiliki solusi transportasi listrik yang optimal dan hemat biaya, apa pun tugasnya,” kata Roger Alm, Presiden Volvo Trucks.

Volvo Trucks adalah satu-satunya pabrikan truk global dengan rangkaian lengkap truk listrik dalam produksi seri saat ini. Pabrikan Swedia ini menargetkan setengah dari total penjualan truk globalnya akan menjadi listrik paling lambat pada 2030.

Berikut adalah sederet pembaruan pada model truk Volvo FH, FM dan FMX Electric. 

1. Model rilis untuk dijual pada Desember 2022, produksi serial dimulai Maret 2023:

- Driveline: 490 kW

- Unit penggerak: 3 motor listrik

- Baterai: 450-540 kWh, 5-6 baterai

- Kabin: Sleeper, High, X-High sleeper cab

- Jarak sumbu roda: 4300-6700

- Konfigurasi Gandar: 4x2R, 6x2R, 6x4R, 8x2R, dan 8x4R

- PTO: ePTO Listrik, PTO Transmisi dan PTO Elektro-Mekanis

2. Model rilis untuk dijual pada Februari, produksi serial dimulai Mei 2023:

- Driveline: 330 kW

- Unit penggerak: 2 motor listrik

- Baterai: 360 kWh, 4 baterai

- Cab: Day cab

- Jarak sumbu roda: 3900-6700

3. Dirilis untuk dijual pada Juni, produksi serial dimulai September 2023:

- Baterai: 180-270 kWh, 2-3 baterai


MEMIMPIN PASAR

Volvo Trucks merupakan pemasok solusi transportasi dengan rangkaian lengkap truk tugas sedang dan berat. Dukungan pelanggan diberikan melalui jaringan dealer global dengan 2.200 titik layanan di sekitar 130 negara. 

Truk Volvo dirakit di 13 negara di seluruh dunia. Pada 2021, sekitar 123.000 truk Volvo dikirimkan ke seluruh dunia. Volvo Trucks adalah bagian dari Volvo Group, salah satu produsen truk, bus, peralatan konstruksi, dan mesin kelautan dan industri terkemuka di dunia. 

Berdasarkan data IHS Markit, total penjualan truk listrik beban berat (≥16 tonnes) di Eropa sebanyak 346 unit, naik 193% dari capaian pada 2020. Volvo Trucks adalah pemimpin pasar dengan pangsa 42%. Negara paling banyak mencatatkan truk beban berat listrik baru adalah Swiss, Norwegia, Swedia, dan Belanda.

Di seluruh dunia, Volvo Truks melaporkan telah mendapatkan pemesanan lebih dari 1.100 truk listrik di lebih dari 20 negara pada 2021. "Sekalipun volumenya masih rendah, kami melihat minat yang tumbuh pesat, baik di Eropa, Amerika Utara, maupun di belahan dunia lainnya," kata Roger Alm.

“Kami bertekad untuk mendorong revolusi truk listrik dan posisi terdepan kami di pasar Eropa adalah bukti bahwa kami melakukan hal itu," kata Roger Alm, Presiden Volvo Trucks.

Ia yakin akan menjadi keunggulan kompetitif utama untuk menawarkan kendaraan listrik tanpa emisi. Volvo Trucks memulai produksi serial truk listrik pada 2019. Saat dimulai produksi model heavy duty all-electric FH, FM dan FMX, Volvo memiliki jajaran produk elektrik terlengkap di industri truk global. 

Volvo telah mengirimkan kendaraan listrik ke berbagai pelanggan di Eropa, Amerika Utara, dan Australia. Target perusahaan adalah setengah dari total penjualan truk akan menjadi listrik pada 2030.


Jajaran model truk listrik Volvo. - Foto Volvo


REKOR DI AUSTRALIA

Volvo Truks baru-baru ini mencatatkan rekor pemesanan terbesar di Australia. Perusahaan angkutan Team Global Express telah memesan 36 truk listrik Volvo FL. Truk-truk tersebut akan memasuki jalanan Sydney selama kuartal pertama 2023.

Truk ini dirancang untuk distribusi perkotaan dan memiliki kapasitas muat 5,5 ton. Mereka akan menjadi bagian dari armada penjemputan dan pengiriman metropolitan Sydney Team Global Express.

Volvo FL Listrik berkapasitas angkut maksimal total 16 ton. Truk ini akan dilengkapi dengan empat paket baterai 66 kWh untuk peningkatan jangkauan dan peningkatan kinerja pengisian daya. Volvo FL Listrik memanfaatkan sistem penggerak listrik motor tunggal 600 volt dan transmisi otomatis 2 kecepatan.

“Volvo pertama kali meluncurkan truk listrik berat di Australia dan kami senang dapat bekerja sama dengan Team Global Express dan pelanggan lainnya. Kami memiliki jajaran truk listrik terluas di industri ini, yang memungkinkan untuk melistriki transportasi kota dan regional saat ini,” kata Martin Merrick, Presiden, Volvo Group Australia, Rabu (16/2/2022).

Truk listrik ini bekerja tanpa emisi karbon, dan lebih sedikit kebisingan daripada truk konvensional, sehingga menguntungkan bagi pengemudi dan penduduk kota.

Pergeseran ke transportasi truk berkelanjutan juga terjadi di Australia, di mana penjualan truk listrik mulai meningkat. Negara ini berkomitmen untuk menghasilkan emisi nol bersih pada 2050. Transportasi menyumbang 19% emisi karbon Australia, dan 38% dari itu berasal dari angkutan darat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.