Perputaran Uang Saat Mudik, Pengusaha Manfaatkan Momentum

Mudik lebaran tahun ini diyakini katalis utama untuk pemulihan ekonomi pada paruh pertama tahun ini terlebih dengan taksiran perputaran uang mencapai Rp72 triliun. Pengusaha tengah berupaya untuk memanfaatkan momentum tersebut untuk pemulihan kinerja operasi dan keuangan perusahaan mereka.

Yanita Petriella

27 Apr 2022 - 19.34
A-
A+
Perputaran Uang Saat Mudik, Pengusaha Manfaatkan Momentum

Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (JAG). /dok. Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Momentum pelonggaran mudik lebaran tahun ini diyakini bakal berdampak signifikan bagi pemulihan ekonomi nasional. 

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B Sukamdani mengatakan mudik lebaran tahun ini diyakini katalis utama untuk pemulihan ekonomi pada paruh pertama tahun ini terlebih dengan taksiran perputaran uang mencapai Rp72 triliun. 

“Ini akan menjadi starting point bagi bangsa kita untuk pemulihan ekonomi karena dorongan yang besar dalam waktu yang singat terjadi perputaran uang yang besar ini akan jadi pendorong bergeraknya ekonomi kembali,” kata Hariyadi yang juga menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Jurnalindo Aksara Grafika (JAG) saat melepas Tim Jelajah Lebaran 2022 di Wisma Bisnis Indonesia, Rabu (27/4/2022).

Ihwal perputaran uang selama mudik itu, lanjutnya, pengusaha tengah berupaya untuk memanfaatkan momentum tersebut untuk pemulihan kinerja operasi dan keuangan perusahaan mereka. 

“Ini suatu hal yang baik karena perputaran yang besar kata Menparepraf Sandi Rp72 triliun, THR PNS saja Rp34 triliun yang sudah dibayarkan belum dari swasta, data Bank Indonesia juga valid perputaran uang kartalnya sampai Rp175 triliun sehingga kami merasa punya peluang,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan kementeriannya telah menyusun peta kunjungan wisata atau travel pattern untuk mengoptimalkan perputaran uang selama masa arus mudik lebaran 2022. Peta kunjungan wisata itu diharapkan dapat membantu pemulihan sektor usaha mikro kecil dan menengah di sepanjang jalur mudik tahun ini. 

Langkah itu diambil, kata Sandi, lantaran potensi perputaran uang selama arus mudik mencapai Rp72 triliun. Asumsi itu diambil lewat volume pemudik yang ditaksir mencapai 80 juta orang pada tahun ini. Dari jumlah pemudik itu, Sandi menggarisbawahi, 40 persen di antaranya melakukan kegiatan wisata di daerah dengan pengeluaran rata-rata mencapai Rp1,5 juta. 

“Rp72 triliun itu luar biasa peluang bisnisnnya bagi para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, kita harus ambil kesempatan. Kita sudah berkolaborasi dengan pak Menhub membantu di daerah-daerah yang kemungkinan padat kita buatkan travel patternnya,” tuturnya. 

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021. Bisnis Indonesia Jelajah Lebaran 2022 dilaksanakan pada Rabu (27/4/2022) hingga Rabu (4/5/2022).

Jelajah Lebaran 2022 dilakukan dengan perjalanan melalui dua rute.  Pertama, untuk rute Jawa-Bali  dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur Pantai Utara (Pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali.  Kedua, untuk rute Sumatra  melalui jalan tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau. (Nyoman Ary Wahyudi) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.