Persaingan E-Commerce Kian Panas Jelang Lebaran

Persaingan e-commerce menjelang Lebaran makin panas seiring dengan lonjakan tren belanja online. E-commerce Tokopedia, transaksi produk fesyen meningkat 7 kali lipat. Di shopee, tren belanjja meningkat hingga 16 kali lipat pada waktu sahur.

Nindya Aldila

11 Apr 2023 - 17.59
A-
A+
Persaingan E-Commerce Kian Panas Jelang Lebaran

Bisnis, JAKARTA - Persaingan e-commerce menjelang Lebaran makin panas seiring dengan lonjakan tren belanja online. 

Shopee, e-commerce milik Sea Group mengeklaim adanya peningkatan transaksi belanja online lebih dari 16 kali lipat pada waktu sahur dibandingkan dengan waktu yang sama hari biasa.

Head of Marketing Growth Shopee Indonesia Monica Vionna mengatakan di bulan Ramadan selain menyiapkan diri untuk berpuasa dan ibadah dengan maksimal, masyarakat juga semakin antusias dalam berburu berbagai kebutuhan dan produk incarannya. 

"[Peningkatan terjadi di berbagai produk] seperti Fashion Muslim, Makanan dan Minuman, serta Hampers," tutur Monica. 

Menjelang lebaran, kategori fesyen berhasil mencatatkan lompatan transaksi hingga 9 kali lipat pada puncak kampanye promosi Big Ramadan Sale 2023.

Shopee juga melihat menjelang Lebaran, kegiatan mengirim hampers ke sanak keluarga atau kerabat menjadi salah satu tradisi dan tren yang kerap dilakukan untuk menjaga silaturahmi. 

Sementara itu, platform belanja daring Tokopedia mencatat transaksi penjualan produk fesyen meningkat 7 kali lipat selama dua pekan pertama Ramadan dibandingkan hari biasa. 

Data internal Tokopedia menunjukkan bahwa selain fesyen, produk otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman pun menjadi sejumlah kategori yang paling laris dibandingkan pekan-pekan sebelumnya. 

Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak mengatakan, pada momen bulan puasa atau Ramadan masyarakat cenderung lebih antusias untuk berbelanja berbagai produk kebutuhan lewat kanal online. Menurutnya, sekitar 80 persen konsumen digital pun akan mempertahankan, bahkan meningkatkan penggunaan layanan digital pada 2023.

“Ada fesyen, otomotif, rumah tangga, perawatan diri, serta makanan dan minuman menjadi sejumlah kategori yang paling laris selama dua minggu pertama puasa dibandingkan dwimingguan biasanya. Artinya, produk-produk inilah yang paling dibutuhkan masyarakat belakang ini,” tutur Nuraini saat jumpa pers di Jakarta, Senin (10/4/2023).

Dia mengatakan, pada kategori produk fesyen di Tokopedia, scarf wanita, baju koko pria dan busana muslim keluarga masing-masing mengalami peningkatan transaksi hampir 6 kali lipat, lebih dari 5 kali lipat, dan lebih dari 7 kali lipat pada dua minggu pertama Ramadan.

"Masyarakat di sisi lain tampak tengah mempersiapkan kendaraan untuk mudik. Buktinya, produk seperti spare part mobil, produk perawatan mobil, dan produk interior mobil menjadi yang paling laris di Tokopedia pada kategori produk otomotif,” kata Nuraini.

(Indra Gunawan, Khadijah Shahnaz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.