Persaingan Sengit Mengejar Laba ala GOTO vs GRAB

Grab Holdings Ltd. membukukan adjusted EBITDA yang positif untuk pertama kalinya dalam sejarah, sedangkan pesaingnya yakni GOTO masih membukukan rugi. Meski begitu, GOTO optimistis mampu segera mengejar ketertinggalannya di tengah persaingan yang ketat.

Tim Redaksi

14 Nov 2023 - 18.17
A-
A+
Persaingan Sengit Mengejar Laba ala GOTO vs GRAB

Logo Gojek dan Grab. Sumber: Istimewa

Bisnis, JAKARTA — PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) kini kian terdesak untuk segera mencetak bottom line positif setelah kompetitornya, yakni Grab Holdings Ltd. (GRAB) sudah mulai mampu mencetak adjusted EBITDA positif pada kuartal III/2023 lalu. Di sisi lain, persaingan keduanya tak kunjung mengendur.

Grab merupakan saingan langsung GoTo di lini bisnis ride hailing. Kehadiran pesaing langsung ini menjadikan GoTo cukup kesulitan untuk menyesuaikan strategi bisnisnya agar segera mencetak keuntungan. Kesalahan langkah dapat segera memicu perpindahan pelanggan ke layanan pesaing.

Hal ini menjadikan GoTo tidak dapat segera menyudahi strategi bakar duit berupa promosi potongan tarif untuk pelanggan, yakni faktor utama yang menyebabkan pembengkakan beban keuangan GoTo.

Di sisi lain, dengan strategi bisnis yang penuh perhitungan, Grab sudah mampu membalikkan posisi rugi menjadi laba, setidaknya untuk komponen adjusted EBITDA pada periode tiga bulan, yakni Juli-September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Persaingan Sengit Mengejar Laba ala GOTO vs GRAB

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.