Persediaan Batu Bara Pembangkit Listrik India Menipis

Lebih dari setengah dari 135 PLTU di India memiliki persediaan batu bara kurang dari seminggu, 50 di antaranya memiliki sisa kurang dari tiga hari, 6 pembangkit telah kehabisan batu bara.

Zufrizal
Sep 5, 2021 - 7:51 AM
A-
A+
Persediaan Batu Bara Pembangkit Listrik India Menipis

Pembangkit listrik tenaga uap berbahan bakar batu bara di India.-indiatimes.com

Bisnis, JAKARTA — Menteri Tenaga Listrik India R.K. Singh meminta agar para pejabat untuk mempertimbangkan mengalihkan batu bara ke pembangkit listrik dengan stok yang sangat menipis bahkan ke ambang kehabisan bahan bakar.

Dia meminta agar para pejabat untuk “menyederhanakan stok dan pasokan batu bara”, termasuk pengurangan target persediaan menjadi 10 hari dari 14 hari, untuk memungkinkan batu bara dipindahkan ke daerah-daerah yang paling kekurangan karena permintaan energi yang meningkat.

Singh seperti dikutip www.brecorder.com dari Reuters, Minggu (5/9/2021)dari mengatakan bahwa permintaan listrik India kemungkinan akan terus meningkat dan juga meminta utilitas untuk mempertimbangkan pencampuran batu bara impor dengan bahan bakar lokal untuk mengatasi kekurangan bahan bakar pembangkit.

Kapasitas pembangkit listrik India naik 16,1% pada Agustus dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Analisis Reuters menunjukkan bahwa peningkatan itu terangkat oleh lonjakan 23,7% dalam pembangkit listrik tenaga batu bara yang telah menyebabkan kekurangan bahan bakar.

India ignores climate concerns to open up coal mines | The Third Pole

Pertambangan batu bara di India.-Sumber: www.thethirdpole.net

Data dari Central Electricity Authority menunjukkan bahwa lebih dari setengah dari 135 pembangkit listrik tenaga batu bara di India memiliki persediaan batu bara kurang dari seminggu, 50 di antaranya memiliki sisa kurang dari tiga hari, 6 pembangkit telah kehabisan batu bara.

India adalah importir batu bara terbesar kedua di dunia meskipun memiliki cadangan terbesar keempat, dan PLTU batu bara menyuplai hampir tiga perempat dari permintaan listrik negara itu.

Kekurangan batu bara terjadi secara berkala di India, dengan kekurangan terakhir terjadi pada 2017. Produksi batu bara biasanya melambat selama musim hujan tahunan India yang terjadai pada Juni hingga September.

India juga telah mendesak pengelola PLTU untuk mengimpor batu bara untuk memenuhi kekurangan tersebut. Indonesia mengimpor batu bara utamanya dari Indonesia, Australia, dan Afrika Selatan.

 

Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar