Persiapan Ekosistem Kripto & Blockchain RI Bersaing di Asia

Negara-negara di Asia tengah gencar bersaing untuk menjadi pusat pengembangan teknologi kripto hingga blockchain, dan Indonesia tidak ketinggalan dalam perhelatan ini.

Artha Adventy & Asteria Desi Kartikasari

1 Feb 2024 - 18.16
A-
A+
Persiapan Ekosistem Kripto & Blockchain RI Bersaing di Asia

Ilustrasi aset kripto Bitcoin/Freepik

Bisnis, JAKARTA— Negara-negara di Asia tengah gencar bersaing untuk menjadi pusat pengembangan teknologi kripto hingga blockchain, dan Indonesia tidak ketinggalan dalam perhelatan ini. Perdagangan aset kripto dapat dijadikan salah satu strategi pemerintah untuk mempercepat hingga menciptakan pengembangan ekonomi digital di Indonesia.

Tahun 2023 bisa dibilang menjadi saksi pemulihan pasar kripto dengan total kapitalisasi pasar meningkat sekitar 108%. Pertumbuhan tersebut disokong oleh kemajuan aset digital pada periode kuartal I dan IV, dengan peningkatan masing-masing sebesar 48,3%, dan 54,4%. Kondisi tersebut menjadi situasi kontras yang signifikan dibandingkan dengan penurunan pasar sekitar 64% pada 2022.

Kinerja luar biasa di tahun 2023 ini didukung oleh berbagai perkembangan positif dalam dunia kripto. Di antaranya adalah optimisme terhadap ETF Bitcoin spot dan antisipasi halving Bitcoin. Selain itu, kondisi makroekonomi yang lebih stabil, seperti pertumbuhan PDB global yang konsisten dan penurunan inflasi, juga turut mempengaruhi kinerja positif di tahun ini. Bitcoin masih menjadi kripto paling dominan yang menguasai 50,2% dari total kapitalisasi pasar.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menargetkan pertumbuhan transaksi kripto sepanjang 2024 dapat meningkat, setidaknya ke posisi seperti 2021, sebesar Rp859,4 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.