Persiapan Sinarmas MSIG Life (LIFE) Luncurkan Lagi Unit Linked

Produk unit linked harus mengikuti peraturan baru yang tercantum di SEOJK PAYDI, mulai dari proses penjualan hingga materi penjualan.

Jaffry Prabu Prakoso

15 Apr 2023 - 14.25
A-
A+
Persiapan Sinarmas MSIG Life (LIFE) Luncurkan Lagi Unit Linked

Ilustrasi agen asuransi menawarkan produk kepada pasangan suami istri. /Dok Freepik.

Bisnis, JAKARTA — PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk. (LIFE) atau Sinarmas MSIG Life tengah menunggu lampu hijau dari regulator untuk memasarkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI) atau unit linked.

Presiden Direktur Sinarmas MSIG Life Wianto Chen mengestimasikan produk unit linked baru yang telah disesuaikan dengan SEOJK PAYDI bisa mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada kuartal III/2023.

“Kita akan launch kembali [produk unit linked] setelah approval OJK kuartal III/2023,” kata Wianto saat ditemui usai acara peluncuran My Health Risk Score di Jakarta, Kamis (13/4/2023).


Wianto menuturkan bahwa produk unit linked harus mengikuti peraturan baru yang tercantum di SEOJK PAYDI, mulai dari proses penjualan hingga materi penjualan.

“Tahun ini insyaallah [meluncurkan produk unit linked]. Kan harus ada approval dari OJK. Nanti ada single premium, reguler premium, dan 6 riders. Total ada 8 produk, 2 produk inti dan 6 produk tambah,” jelasnya.

Baca juga: PMN Lagi Penuntas Transfer Polis Jiwasraya

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, Wianto menuturkan bahwa produk unit linked tidak lagi mendominasi. Rasio premi produk tradisional pada kuartal I/2023 jauh lebih besar, yakni 70:30. 

Adapun untuk tahun ini, Wianto memproyeksikan produk unit linked masih akan mengalami shifting. Namun demikian, emiten bersandi saham LIFE itu berharap produk unit linked dapat kembali meningkat meski tidak mendominasi seperti tahun sebelumnya.

“Mudah-mudahan setelah kita launch [produk unit linked], itu akan bounce sedikit. Tapi perkiraan saya itu 50:50. Kalau mau seperti dulu itu tidak mungkin, kalau di bawah 50 mungkin bisa,” tandasnya.

 Baca juga: Mengenal Istilah “Pre Existing Condition” di Asuransi Kesehatan

Tips dari OJK untuk masyarakat yang ingin membeli produk unit link:

1. Pastikan produk asuransi yang Anda beli terdaftar dari diawasi oleh OJK

2. Asuransi bukan multi level marketing (MLM) dan nasabah/tertanggung buka agen pemasar. Waspadai iming-iming komisi besar. 

3. Pertimbangkan konsekuensi atas persetujuan penggunaan data pribadi Anda kepada perusahaan asuransi. 


Karyawati beraktivitas di dekat logo-logo perusahaan asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) di Jakarta./ Bisnis/Arief Hermawan P


4. Pahami hak dan kewajiban Anda sebagai tertanggung yang tercantum dalam polis asuransi unit link. 

5. Belilah produk sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Jangan sampai harus berutang untuk membayar polis asuransi. 

6. Jangan tergiur janji imbal hasil besar sebab asuransi unit link bukan tabungan. asuransi unit link merupakan kombinasi antara asuransi dan investasi yang memiliki risiko fluktuasi. 

7. Belilah asuransi unit link dari agen pemasar bersertifikasi khusus dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). (Rika Anggraeni/Pernita Hestin Untari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.