Pertahanan Korsel di Medan Semikonduktor dan Masa Depan AI

Korea Selatan punya alasan untuk terus bertarung di sektor cip memori meski perang teknologi antara Amerika Serikat dan China makin panas. Alasan itu ada seiring dengan perkembangan kecerdasan buatan atau AI.

Nindya Aldila

11 Jun 2023 - 16.42
A-
A+
Pertahanan Korsel di Medan Semikonduktor dan Masa Depan AI

Bisnis, JAKARTA - Perang teknologi antara Amerika Serikat dan China telah membuat rantai pasok untuk produk semikonduktor terguncang. Pada saat yang sama, Korea Selatan punya manuver baru untuk bersaing di dunia teknologi seiring dengan pengembangan kecerdasan buatan.

Korea Selatan telah merajai sektor cip memori yang digunakan untuk penyimpanan data digital untuk komputer, smartphone, dan tablet. Namun, posisi Korea Selata makin sulit setelah perang teknologi antara dua kekuatan ekonomi terbesar dunia yang menyebabkan harga cip makin terkikis.

Hal itu telah membuat beberapa produsen seperti Samsung dan SK Hynix memangkas produksinya. Namun, hal itu tak menyurutkan konglomerasi ini membangun klaster fasilitas produksi cip terbesar di dunia senilai US$228 miliar yang beroperasi pada 2042. 

"Kenapa mereka terus membangun? Agar mereka bisa mengejar perkembangan teknologi, sehingga mereka bisa terus mempertahankan posisinya," ujar peneliti Seni Analysis Dylan Patel seperti dikutip CNBC International.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.