Pertalite Gantikan Premium, Beban Subsidi BBM Bakal Makin Berat

Beban subsidi BBM dan LPG akan melonjak, melebihi asumsi yang ditetapkan pemerintah, mengingat setiap kenaikan US$1 per barel berdampak terhadap kenaikan subsidi LPG sekitar Rp1,47 triliun, subsidi minyak tanah sekitar Rp49 miliar, dan beban kompensasi BBM lebih dari Rp2,65 triliun.

Ibeth Nurbaiti

29 Mar 2022 - 21.00
A-
A+
Pertalite Gantikan Premium, Beban Subsidi BBM Bakal Makin Berat

Pengendara mengisi bahan bakar di salah satu SPBU di Jakarta, Senin (9/4/2018)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis, JAKARTA — Tren harga minyak mentah dunia yang masih bertengger di atas US$100 per barel menjadi tantangan berat pemerintah tahun ini. Kenaikan harga minyak dunia akan mempengaruhi APBN 2022, khususnya beban subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan LPG yang dapat dipastikan akan membengkak.

Buktinya, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian crude price (ICP) turut merangsek naik, mengikuti tren kenaikan harga minyak mentah dunia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat ICP yang sejak awal pandemi yakni April 2020 seharga US$20 per barel, kini telah melonjak empat kali lipat mencapai US$85,9 per barel pada Januari 2022. Harga ICP per 25 Maret 2022 bahkan telah berada di posisi US$114,68 per barel, padahal pada Februari masih di angka US$95,72 per barel. 

Baca juga: Dilema Harga BBM Pertamina, Sampai Kapan Pertalite Ditahan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.