Pertambangan Global Waspadai Jatuhnya Pamor Nikel

Industri pertambangan global perlu mengantisipasi meredupnya nikel yang digadang-gadang menjadi mineral penting untuk mewujudkan transisi energi.

Aprianto Cahyo & Nindya Aldila

30 Jan 2024 - 15.10
A-
A+
Pertambangan Global Waspadai Jatuhnya Pamor Nikel

Proses penambangan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28 7 2023). Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis, JAKARTA - Industri pertambangan global perlu mengantisipasi meredupnya nikel yang digadang-gadang menjadi mineral penting untuk mewujudkan transisi energi. 

Litium telah menurun lebih dari 80% dari rekor tertinggi pada akhir 2022. Hal ini terjadi karena pasar khawatir lantaran kekurangan pasokan yang berujung pada menumpuknya surplus persediaan, seperti dikutip Bisnis.com yang melansir Bloomberg pada Senin (29/1/2024).

Selain itu, harga nikel dan kobalt juga menurun yang didorong oleh lonjakan produksi baru di tengah kekhawatiran peralihan ke kendaraan listrik (electric vehicle/EV) mungkin tidak semulus dan secepat yang diperkirakan. 

Harga nikel sudah jatuh hingga 40% secara tahunan seiring dengan ambisi Indonesia untuk memproduksi stainless steel dan baterai kendaraan listrik. Alhasil pasar dihadapkan kondisi oversupply. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pertambangan Global Waspadai Jatuhnya Pamor Nikel

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.