Pertamina Berpacu dengan Waktu Mewujudkan Proyek Abadi Masela

Lewat perubahan rencana pengembangan (plan of development/PoD) pertama yang diteken pada 2019 lalu, pemerintah dapat melelang ulang PI pengelolaan Blok Masela jika setelah 5 tahun tidak ada kemajuan pengembangan lapangan.

Ibeth Nurbaiti

7 Jun 2023 - 18.23
A-
A+
Pertamina Berpacu dengan Waktu Mewujudkan Proyek Abadi Masela

Anjungan minyak lepas pantai yang dioperasikan oleh PT Pertamina Hulu Energi. Sebagai Subholding Upstream Pertamina yang menaungi wilayah kerja hulu Pertamina di Indonesia dan juga luar negeri. Bisnis-PHE

Bisnis, JAKARTA — Masih belum tuntasnya proses pelepasan 35 persen hak partisipasi (participating interest/PI) Shell Upstream Overseas Ltd. di Blok Masela tidak lantas membuat pemerintah berdiam diri.

Kerasnya sikap raksasa migas asal Belanda itu yang belakangan terkesan mengulur-ulur waktu penyelesaian divestasi saham di proyek gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) Abadi di Laut Arafuru, Maluku tersebut malah makin memantik pemerintah untuk terus mendorong Shell agar segera merealisasikan pengalihan PI-nya. 

Pemerintah bahkan memberikan ultimatum kepada perusahaan migas dari Negeri Kincir Angin itu. Jika hingga 2024 Proyek Abadi Masela tak kunjung beroperasi, pemerintah akan mengambil kembali proyek tersebut dan melelang ulang PI Shell di Masela.

Baca juga: Pantang Mundur di Proyek Masela, RI Siap Adu Kuat dengan Shell

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.