Free

Pertamina Gas Borong 5 Penghargaan CSR dan PDB Award 2024

Kontribusi PT Pertamina Gas (Pertagas) di sekitar wilayah operasionalnya melalui implementasi program CSR dalam mendukung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penggerak perekonomian desa mendapatkan penghargaan CSR dan PDB Award 2024.

Ibeth Nurbaiti

9 Mei 2024 - 12.53
A-
A+
Pertamina Gas Borong 5 Penghargaan CSR dan PDB Award 2024

Corporate Secretary PT Pertamina Gas (Pertagas) Muhammad Baron (kanan) menerima penghargaan dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, dan disaksikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Abdul Halim Iskandar dalam ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2024.

Bisnis, JAKARTA — PT Pertamina Gas (Pertagas) berhasil memborong lima penghargaan pada ajang Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pengembangan Desa Berkelanjutan (PDB) Award 2024.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas kontribusi perusahaan yang bergerak dalam sektor midstream dan downstream dan dimiliki oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk. dan PT Pertamina (Persero) itu di sekitar wilayah operasionalnya melalui implementasi program CSR dalam mendukung Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai penggerak perekonomian desa.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin kepada Muhammad Baron selaku Corporate Secretary Pertagas yang meraih penghargaan kategori Excellent Individu mewakili peran strategis manajemen Pertagas dalam mendukung pembangunan desa dan Pertamina Gas Operation East Java Area (OEJA) sebagai The Best Achievement Gold atas keberhasilannya dalam membina masyarakat melalui program Kidung Tanggulangin.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam arahannya menyampaikan apresiasi kepada BUMDes, perusahaan, dan seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam mencapai target pembangunan pemerintah pusat.

Corporate Social Responsibility [CSR] perusahaan memiliki peranan penting dalam pembangunan, untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan ramah lingkungan,” kata Ma’ruf Amin dalam keterangan, dikutip Kamis (9/5/2024).

Adapun, ajang CSR dan PDB Award 2024 diselenggarakan oleh Indonesia Social Sustainabilty Forum (ISSF) bekerjasama dengan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Kementerian Pertanian, dan sejumlah kementerian lainnya. 

Baca juga:

Pertagas Torehkan Kinerja Keuangan Cemerlang pada 2023

Lampu Hijau Ekspor Konsentrat Tembaga Freeport dan Amman Mineral

Berkat Mapalus Tumompaso, PGE Lahendong Raih PROPER Emas

Bisnis Menggiurkan ‘Gudang Karbon’ CCS di Indonesia

Sinyal Kuat Pemantik PLTS Atap

Corporate Secretary Pertagas, Muhammad Baron mengungkapkan bahwa melalui berbagai inisiatif, Pertamina Gas berkomitmen untuk terus mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat desa dan memperkuat kemitraan multi-stakeholder, pemerintah desa sebagai pemilik wilayah, BUMDes sebagai kelembagaan ekonomi desa, dan stakeholder terkait lainnya di seluruh wilayah operasi dalam upaya penerapan CSR yang berkelanjutan.

“Melalui program-program CSR, Pertagas berkomitmen untuk terus mendukung kemandirian desa yang berdampak langsung bagi perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasi,” ujar Baron.


Sebagai gambaran, The Best Achievement yang diperoleh Pertagas OEJA melalui programnya Kidung Tanggulangin telah berhasil membina masyarakat mengatasi permasalahan lingkungan dan membina pasien kesehatan jiwa (Keswa) melalui terapi kejiwaan dengan metode menanam yang telah memberikan multiplier effect kepada masyarakat di Kecamatan Tanggulangin.

Selain itu, sebanyak dua penghargaan kategori Gold juga diraih oleh Pertagas melalui area operasinya yaitu Operation West Java Area (OWJA) dengan program Perisai Jaga Bumi dan Operation South Sumatera Area (OSSA) dengan program PUSAKA Tani.

Kemudian, penghargaan kategori Silver untuk Operation Kalimantan Area (OKA) dengan program Program Kampung Bersama yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar.

Adapun, program Perisai Bumi Pertagas OWJA yang meraih Kategori Gold melalui program penanggulangan eduwisata berbasis kebencanaan telah berhasil mengatasi bahaya abrasi pantai dengan geotube, serta menjadikan satu-satunya wisata edukasi yang dikelola masyarakat dengan konsep wisata tanggap bencana. Selain itu, program ini juga berhasil menghidupkan kembali rantai ekonomi di wilayah pantai rembat.

Sementara itu, Pertagas OSSA yang juga meraih kategori Gold melalui program Pusaka Tani yang telah memberikan multiplier effect terhadap masyarakat di Desa Sidomulyo melalui berbagai aktifitas sirkular ekonomi seperti budidaya jamur dari tangkos sawit, perikanan, tanaman pekarangan, produk olahan, dan desa wisata.

Selanjutnya, Pertagas OKA dengan programnya Kampung Bersama mampu memperluas keberlanjutan program di wilayah masyarakat penyangga hutan di Desa Martadinata, Kutai Timur melalui aktivitas ekowisata dan pertanian berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.