‘Pertempuran di Darat’, Mudik Lebaran Bakal Padat Merayap

Dari proyeksi 123,8 juta orang pemudik pada Lebaran 2023, sebagian besar masyarakat diprediksi bakal memanfaatkan jalur darat untuk kembali ke kampung halaman. Kementerian Perhubungan menyiapkan berbagai skenario untuk mengantisipasi kepadatan berlebih selama periode mudik kali ini.

Rayful Mudassir

11 Apr 2023 - 12.16
A-
A+
‘Pertempuran di Darat’, Mudik Lebaran Bakal Padat Merayap

Sejumlah calon penumpang menunggu bus antarkota antar provinsi (AKAP) di area keberangkatan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA - Periode mudik Lebaran Idulfitri tahun ini akan sangat berbeda. Selain ditiadakannya pembatasan mobilitas masyarakat, jumlah pergerakan manusia juga menjadi yang terbesar setidaknya dalam dekade terakhir. 

Survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat selama periode angkutan mudik mencapai 123,8 juta orang. Jumlah ini melonjak 44,79 persen dibandingkan dengan tahun lalu yakni 85,5 juta pemudik. 

Dari proyeksi ini, dominan pemudik atau sekitar 84,75 juta orang bakal kembali ke kampung halaman dengan menempuh jalur darat. Angka ini hampir menyamai realisasi pada musim mudik tahun lalu. 

Baca juga: Pemudik Sepeda Motor Seberangi Lautan Lewat Ciwandan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

‘Pertempuran di Darat’, Mudik Lebaran Bakal Padat Merayap

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.