Pertemuan Mendag RI-Arab dan Momen Sejarah Baru Hubungan Dagang

Untuk pertama kalinya, Kerajaan Arab Saudi menjamu pejabat setingkat menteri di Al Ula. Al Ula adalah kota bagian dari Provinsi Madinah, Arab Saudi yang merupakan jalur perdagangan kuno yang menghubungkan negeri Arab, hingga ke Syam. Saat ini mencakup Syiria, Palestina, Yordania hingga Lebanon.

Jaffry Prabu Prakoso

23 Jan 2023 - 08.10
A-
A+
Pertemuan Mendag RI-Arab dan Momen Sejarah Baru Hubungan Dagang

Menteri perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Mendag Arab Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi. /Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Menteri perdagangan (Mendag) Indonesia dan Arab Saudi melakukan pertemuan bilateral di Al Ula, Arab Saudi, Minggu (22/1/2022) waktu setempat. Agenda tersebut merupakan sejarah baru dalam hubungan dagang.

Hal tersebut sebagai upaya untuk memperbaiki kinerja hubungan perdagangan kedua negara sebelumnya. Untuk pertama kalinya, Kerajaan Arab Saudi menjamu pejabat setingkat menteri di Al Ula. 

Al Ula adalah kota bagian dari Provinsi Madinah, Arab Saudi yang merupakan jalur perdagangan kuno yang menghubungkan negeri Arab hingga ke Syam. Saat ini mencakup Syiria, Palestina, Yordania, hingga Lebanon. 

Delegasi Uni Emirat Arab berfoto bersama pihak Indonesia dalam B20 Summit Indonesia 2022 yang digelar pada 13 - 14 November 2022 di Bali. Indonesia dan UEA menandatangani MoU senilai US$2,9 miliar dalam rangkaian B20 Summit./Istimewa 


Ini adalah nama sebuah kota di Arab Saudi yang terletak 300 km di sebelah utara Madinah, 4 jam dari Masjid Nabawi. Dulunya, Al Ula adalah ibu kota Lihyanites Kuno (Dedanites). Di kota ini terdapat Mada'in Saleh yaitu situs arkeologi yang dibangun lebih dari 2.000 tahun lalu oleh orang-orang Nabatean, dan diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. 

“Ini pertemuan bersejarah yang sangat penting untuk Arab Saudi dan Indonesia. Untuk pertama kalinya kami menjamu pejabat setingkat menteri di Al Ula. Ini sesuai dengan harapan Pangeran Muhammad Bin Salman untuk mengembangkan wilayah Al Ula menjadi daerah pariwisata.” kata Menteri Perdagangan Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi dikutip melalui keterangan pers, Senin (23/1/2022). 

Mendag RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa merasa terhormat atas jamuan dan momem bersejarah tersebut. Dia berharap ini berdampak pada kerjasama Indonesia dengan Arab Saudi yang jauh lebih baik.

Baca juga: KADIN Sukses Fasilitasi MoU US$2,9 Miliar Indonesia–UEA

Pertemuan bilateral dengan Mendag Arab Saudi yang membicarakan peningkatan hubungan dagang Indonesia dengan Arab Saudi di Al Ula berlangsung sekitar tiga jam. Dalam pertemuan tersebut, masing-masing pihak menegaskan komitmen untuk meningkatkan kerjasama perdagangan. 

“Sesuai perintah Pangeran MBS, hubungan dagang dengan Indonesia perlu ditingkatkan. Kedekatan Saudi dengan Indonesia adalah modal penting yang harus berimplikasi pada keuntungan ekonomi kedua negara. Selama ini kami cukup malu kerjasama dengan Indonesia belum maksimal. Akan kami perbaiki ke depan.” Jelas Majid.

Senada, Zulkifli juga menegaskan keinginan pemerintah Indonesia untuk semakin memperkuat kerjasama dagang kedua negara. Pada tahun 2022, neraca perdagangan RI-Saudi mencapai US$7 miliar. Masih defisit US$3 miliar. Tetapi jika dikurangi sektor minyak dan gas, neraca perdagangan RI-Saudi surplus US$1 miliar.

Baca juga: Kerja Sama Dagang Skala Besar dari Kunjungan Mendag ke Saudi

Menurut pria yang disapa Zulhas ini, komitmen dan harapan pemerintah Indonesia adalah memperkuat aspek ekspor. Di samping itu, Indonesia juga ingin menjadikan Arab Saudi sebagai salah satu pasar utama produk-produk dari industri dan UMKM Indonesia, di antaranya dengan membangun pusat ritel modern di di Saudi. 

“Dengan adanya gerai modern di Arab Saudi, maka upaya pelaku UKM untuk memasarkan produknya akan semakin mudah. Ini tentunya akan mendorong kinerja ekspor nasional.” Jelas Mendag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.