Pertumbuhan di Asia Timur dan Pasifik Kian Menjanjikan

Hambatan akibat perlambatan ekonomi global, kenaikan harga komoditas, dan kondisi keuangan yang ketat karena inflasi yang persisten masih membayangi. Namun, pemulihan di kawasan Asia Timur dan Pasifik bakal solid seiring pemulihan China.

Nindya Aldila

31 Mar 2023 - 17.04
A-
A+
Pertumbuhan di Asia Timur dan Pasifik Kian Menjanjikan

Kantor Pusat Bank Dunia di Washington D.C (Dok. istimewa)

Bisnis, JAKARTA - Pemulihan ekonomi Asia Timur dan Pasifik termasuk China pada tahun ini makin menjanjikan, berkebalikan dengan kawasan lainnya.

Hal itu terlihat dari laporan Bank Dunia yang pada Jumat (31/3/2023) merilis laporan pertumbuhan di wilayah Asia Timur dan Pasifik. Pertumbuhan kawasan ini bakal makin terakselerasi menjadi 5,1 persen pada tahun 2023, berbeda dibandingkan pada tahun 2022, yakni sebesar 3,5 persen. 

Pembukaan kembali ekonomi China akan mendongkrak perekonomiannya menjadi 5,1 persen dari 3 per persen pada tahun lalu. Adapun pertumbuhan di luar China diperkirakan akan melambat menjadi 4,9 persen. 

Sayangnya, beberapa pasar raksasa seperti Indonesia, Filipina, dan Vietnam kemungkinan akan tumbuh lebih moderat pada tahun ini. Hal itu berbeda dengan negara-negara pulau yang bakal tumbuh pesat tahun ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.