Peruntungan IPO Calon Emiten Prajogo (CUAN) Kala Batu Bara Redup

Akan melangkah ke lantai bursa (IPO), calon emiten sektor batu bara PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. yang akan menyandang kode saham CUAN tersebut juga ditantang dengan situasi pasar batu bara ekspor ke China yang sedang bergejolak .

Asteria Desi Kartikasari

26 Feb 2023 - 19.41
A-
A+
Peruntungan IPO Calon Emiten Prajogo (CUAN) Kala Batu Bara Redup

Prajogo Pangestu

Binsis, JAKARTA— Meski di tengah tren penurunan harga komoditas batu bara,  calon emiten milik Prajogo Pangestu,  PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) mencoba peruntungan untuk memperoleh dana segar melalui penawaran umum perdana saham atau IPO/ Initial Public Offering.

Calon emiten sektor batu bara yang akan menyandang kode saham CUAN tersebut juga ditantang dengan situasi pasar batu bara ekspor ke China yang sedang menggelisahkan.  Menurut laporan dari firma konsultan Fengkuang Coal Logistic yang dipublikasi Bloomberg, harga batu bara termal di China telah mengalami penurunan trendahnya dalam setahun terakhir.

Menurut laporan yang sama, penyebab situasi tersebut adalah tingginya stok batu bara di China darata. Stok yang tinnggi tidak bisa dilepaskan dari kebijakan pemerintah setempat yang agresif mengamankan pasokan batu bara dalam beberapa bulan terakhir. Sayangnya, gerak agresif itu tidak disertai dengan terjaganya permintaan dari sektor industri.

Meski begitu, sebenarnya tahun lalu perusahaan konglomerat Prajogo Pangestu tersebut sempat mendapat angin segar. Meskipun belu merilis laporan tahunannya, penjualan CUAN pada sembilan bulan awal 2022 telah menembus Rp913,52 miliar. Angka tersebut bahkan melampau nilai penjualan sepanjang tahun pada 2021 sebesar Rp402,47 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Peruntungan IPO Calon Emiten Prajogo (CUAN) Kala Batu Bara Redup

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.