Perusahaan Antariksa Jeff Bezos Ditugasi NASA Ekspedisi Mars

Blue Origin, perusahaan milik Jeff Bezos dikontrak NASA untuk mempelajari medan magnet di Mars.

Jaffry Prabu Prakoso

11 Feb 2023 - 14.03
A-
A+
Perusahaan Antariksa Jeff Bezos Ditugasi NASA Ekspedisi Mars

Jeff Bezos dan Blue Origin. /istimewa

Bisnis, JAKARTA — Blue Origin perusahaan antariksa milik miliarder Jeff Bezos resmi dikontrak Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) untuk misi peluncuran ke Mars guna mempelajari medan magnet di sekitar planet tersebut pada tahun depan. 

Dikutip dari bisnis.com yang melansir Reuters, Jumat (10/2/2023), NASA mengungkapkan bahwa nantinya roket pengangkat berat New Glenn yang baru saja dikembangkan Blue Origin akan meluncur bersama Escapade pada akhir 2024 dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida.

Diperlukan waktu sekitar 11 bulan bagi kedua pesawat kembar Escapade untuk mencapai orbit Mars, di mana mereka akan mengambil data dari magnetosfer planet tersebut dan interaksinya dengan radiasi matahari.


Penampakan langit pagi dari tangkapan layar NASA di salah satu tempat di Amerika Serikat (AS) yang memperlihatkan planet Jupiter, Venus, Saturnus, dan Mars. Fenomena planet sejajar terjadi di Tanah Air dari Bogor hingga New York warga mengabadikan gambar/NASA


New Glenn pada tahap pertama yang digunakan kembali untuk dirancang guna diterbangkan setidaknya dalam 25 misi, dinamai sesuai dengan nama perintis astronot NASA John Glenn, yang menjadi orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi pada tahun 1962.

Seperti diketahui, Blue Origin telah menerbangkan misi NASA sebelumnya dengan roket New Shepard yang lebih kecil dan suborbital untuk tujuan penelitian dalam perjalanan singkat dengan gravitasi mikro ke tepi ruang angkasa hingga kembali.

Blue Origin, yang dikenal dengan bisnis astro-tourism untuk pelanggan kaya dan selebriti, merupakan salah satu dari 13 perusahaan yang dipilih NASA tahun lalu untuk program misi dedicated and rideshare (VADR).

VADR dimaksudkan untuk memacu pengembangan kendaraan peluncuran ruang angkasa swasta dengan menugaskan teknologi NASA yang berbiaya lebih rendah ke roket-roket baru yang belum terbukti dan memiliki peluang kegagalan yang lebih tinggi.

Baca juga: Hari Pers Nasional; “Minyak Baru” itu Bernama Data

NASA cenderung mengambil risiko lebih besar dengan menggunakan layanan roket pemula yang menjanjikan yang pada awalnya mungkin tidak akan diterbangkan oleh pelanggan komersial.

NASA mengatakan bahwa harga maksimum yang mungkin untuk peluncuran di bawah program VADR adalah US$300 juta. Meski demikian, Badan antariksa ini menolak untuk mengungkapkan nilai kontrak Escapade.

Cari Tahu Rahasia Kuno Mars

NASA sangat bersemangat untuk meneliti batu-batuan di Planet Mars untuk mencari rahasia tersembunyi dari planet merah ini.

Dikutip dari bisnis.com yang melansir India Today, Selasa (24/1/2023), NASA mengungkapkan bahwa perlu ketekunan untuk menemukan rahasia kuno terkait planet merah ini. NASA juga meletakkan tabung titanium di Mars.

Tabung tersebut tersebut berisi sampel dari batuan unik. Begitu uniknya sehingga para ilmuwan ingin membawanya ke Bumi dan mengungkap rahasia Planet Merah yang telah disembunyikannya selama ribuan tahun.

Tabung kesembilan yang dijatuhkan ke permukaan Mars diambil oleh misi masa depan berisi sampel dari batuan beku. Lokasi tabung yang diambil berasal dari lokasi pendaratan penjelajah Perseverance di kawah Jazero di Planet Merah.

Sampel batuan tersebut memberi para ilmuwan wawasan baru tentang sejarah paling awal dari area dasar kawah planet Mars ini.


Permukaan Planet Mars yang dilaporkan dari kendaraan jelajah Curiosity./NASA


Apa yang diperoleh dari temuan tersebut? NASA semakin bersemangat tentang batu ini karena dapat membantu menentukan usia dari permukaan Mars. Batuan seperti ini, jika dipelajari lebih dekat, dapat membantu lebih memahami sejarah kehidupan planet ini dan berapa usia permukaannya.

"Para ilmuwan sering membuat tebakan tentang usia dengan menghitung kawah di suatu wilayah [lebih banyak kawah=lebih tua]. Sampel seperti ini menawarkan kunci untuk membuka jawaban yang sebenarnya," kata rover Perseverance dalam sebuah tweet. (Asahi Asry Larasati/Novita Sari Simamora)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.