Perusahaan Teknologi Jumbo Agresif Rambah Bank Kecil

Sejumlah perusahaan teknologi berukuran jumbo makin agresif merambah bank-bank kecil yang membutuhkan modal tambahan. Simak penjelasannya.

Aziz Rahardyan & Rika Anggraeni

22 Nov 2021 - 13.31
A-
A+
Perusahaan Teknologi Jumbo Agresif Rambah Bank Kecil

Sejumlah perusahaan teknologi berukuran jumbo makin agresif merambah bank-bank kecil yang membutuhkan modal tambahan. (Bisnis/Sinta)

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan menyambut baik fenomena raksasa teknologi atau big tech company yang turut masuk ke ekosistem perbankan. Strategi itu berpeluang mendorong bank-bank yang menjadi sasaran mampu naik skala bisnisnya.

"Berdasarkan pengamatan kami sejak Desember 2020, sudah ada sekitar enam big tech yang mengakuisisi BUKU II dan BUKU III. Kenapa mengakuisisi bank? Salah satunya untuk mempercepat proses scale-up bisnisnya, terutama di sistem pembayaran yang dimiliki bank. Selain itu, dalam rangka mewujudkan [keutuhan] ekosistem digitalnya," ujar Kepala Departemen Riset Sektor Jasa Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Inka Yusgiantoro dalam satu sesi diskusi virtual Hop, Skip, & Jump: Neobanks and Innovation in Digital Financial Services dikutip Minggu (21/11/2021).

Dia menuturkan fenomena masuknya perusahaan keuangan berbasis teknologi atau tekfin memberi dorongan nyata untuk terciptanya lanskap baru di industri perbankan di Indonesia.

Menurutnya, rencana menyajikan layanan perbankan digital atau neobank yang akan diusung masing-masing perusahaan teknologi jumbo, akan membuka peluang bank kecil tersebut bertumbuh lebih baik dan lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyant*
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.