Pesatnya Inovasi Teknologi Periklanan di Tengah Era Digital

Kecanggihan teknologi membuat pengiklan dapat menyesuaikan konten berdasarkan faktor-faktor seperti waktu, kondisi cuaca, lokasi, dan bahkan profil demografis orang yang lewat.

Yanita Petriella

20 Mar 2024 - 14.21
A-
A+
Pesatnya Inovasi Teknologi Periklanan di Tengah Era Digital

Ilustrasi gedung Jakarta. /dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Seiring dengan berkembangnya lanskap periklanan di era digital, Alternative Media Group (AMG) bertransformasi dan berinovasi teknologi dalam periklanan OOH (Out-of-Home) atau luar griya dengan menghadirkan dynamic OOH atau konten dinamis media luar griya.

CEO AMG Davy Makimian mengatakan dengan kecanggihan teknologi, pengiklan dapat menyesuaikan konten berdasarkan faktor-faktor seperti waktu, kondisi cuaca, lokasi, dan bahkan profil demografis orang yang lewat. 

Dia mencontohkan iklan salah satu platform e-commerce yang tampil beberapa waktu lalu di layar OOH Gedung Sarinah Jakarta dimana menghadirkan konten dinamis dengan merespon kondisi cuaca secara real-time guna meningkatkan relevansi dengan audience-nya.

“Pada dynamic OOH materi iklan yang cerdas memanfaatkan data eksternal tersedia yang berfungsi sebagai pemicu munculnya konten iklan dengan pesan yang sesuai dengan konteks kondisi saat itu. Kemampuan dinamis yang tidak bisa didapat dari beriklan melalui kanal lain seperti TV dan radio sekalipun diyakini dapat meningkatkan relevansi iklan terhadap target pasarnya,” ujarnya, Rabu (20/3/2024). 

Dalam penelitian Posterscope pada 20 campaign pada 2015 hingga 2018 menunjukkan kampanye yang menggunakan materi iklan kontekstual 48% lebih efektif daripada kampanye yang menggunakan non-dynamic content.

AMG memfokuskan pada pengembangan teknologi guna menyediakan OOH yang mampu menjawab tantangan masa depan termasuk mampu menghadirkan dynamic content di ribuan layar digital yang tersebar di lebih dari 500 gedung perkantoran di pusat komersial.

Dengan jaringan inventaris dominan di gedung-gedung, tentunya audience insight yang diperoleh juga lebih spesifik sehingga membantu pengiklan secara efektif merancang strategi iklannya.

Baca Juga: Wacana Pelarangan Total Iklan Rokok Ditolak Ramai-ramai


“Ribuan inventaris kami didukung oleh tim teknologi yang kuat dan telah mengembangkan content management system (CMS) sendiri. Teknologi juga akan menjamin AMG memiliki  keleluasaan dan akses ke jangkauan fungsi lebih luas dan ruang lingkup inovasi lebih besar lagi untuk memenuhi kebutuhan klien kami,” katanya.

Adapun terdapat 2 fitur utama dalam dynamic content OOH yakni kemampuan beradaptasi secara real time dengan konten yang dapat diperbaharui dan pengiklan dapat menyesuaikan konten dengan segmen audiens tertentu, meningkatkan keterlibatan dan mendorong konversi.

Hal ini sebagai upaya untuk menyikapi dunia online yang sudah terlalu jenuh.

“Namun pada akhirnya dynamic OOH bukan perkara inovasi semata, ini adalah bagaimana sebuah brand mampu meningkatkan relevansi terhadap target pasarnya dengan memanfaatkan teknologi, data yang ada, dan kreativitas yang tinggi sehingga mampu mencuri perhatian dan kemudian dapat menstimulasi tindakan lanjut dari orang setelah melihat iklan tersebut,” tutur Davy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.