Pesona Memukau Andaman, Harbour Energy Kian Agresif Berburu Gas

Harbour Energy bersama Mubadala Energy memang sudah berencana melanjutkan kegiatan pengeboran empat sumur eksplorasi di Laut Andaman, yang terbentang di Blok Andaman II dan South Andaman.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi & Ibeth Nurbaiti

2 Jan 2024 - 18.23
A-
A+
Pesona Memukau Andaman, Harbour Energy Kian Agresif Berburu Gas

Peta Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi di Wilayah Perairan Aceh./Istimewa-BPMA

Bisnis, JAKARTA — Penemuan potensi jumbo gas bumi oleh Mubadala Energy dari sumur Eksplorasi Layaran-1 Blok South Andaman pada akhir 2023 membuat perusahaan minyak dan gas asal Inggris, Harbour Energy kian agresif berburu komoditas energi itu di kawasan perairan Aceh.

Melalui anak usahanya Premier Oil Andaman Ltd., Harbour Energy mulai tajak sumur eksplorasi Gayo-1. di Laut Andaman di Wilayah Kerja (WK) Andaman II pada Minggu (31/12/2023).

Di WK yang sama, Premier Oil Andaman Ltd. sebelumnya juga telah menemukan gas sebesar 27 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd) dan 1.884 barel kondensat per hari (bopd) pada pertengahan 2022. Sementara itu, untuk tajak sumur eksplorasi Gayo oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Premier Oil Andaman dilakukan untuk menguji potensi cadangan di Blok Andaman II.

Adapun, Harbour Energy lewat anak usahanya Premier Oil di konsesi Andaman memegang hak partisipasi (participating interest/PI) sebesar 40% untuk WK Andaman II. Premier Oil menjadi operator pada blok tersebut, sedangkan BP dan Mubadala Energy mengimpit saham minoritas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pesona Memukau Andaman, Harbour Energy Kian Agresif Berburu Gas

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.