Peta Keyakinan Konsumen, Optimistis Tapi Belanja Masih Tertahan

Sejumlah faktor mempengaruhi kenaikan indeks keyakinan konsumen pada Januari 2023 dibandingkan Desember 2022. Walau begitu, rata-rata konsumsi terpantau menurun, dan proporsi pendapatan konsumen yang disimpan mengalami kenaikan dibandingkan Desember 2022.

Saeno

8 Feb 2023 - 16.54
A-
A+
Peta Keyakinan Konsumen, Optimistis Tapi Belanja Masih Tertahan

Ilustrasi-Konsumen melakukan transaksi menggunakan kartu kredit./Freepik

Bisnis, JAKARTA – Optimisme masyarakat atas kondisi perekonomian Indonesia berangsur meningkat.  Sejumlah faktor mempengaruhi kenaikan indeks keyakinan konsumen pada Januari 2023 dibandingkan Desember 2022. Walau begitu, rata-rata konsumsi terpantau menurun, dan proporsi pendapatan konsumen yang disimpan mengalami kenaikan dibandingkan Desember 2022.

Sejumlah faktor mendorong meningkatnya keyakinan konsumen atas kondisi ekonomi Indonesia berdasar survei Januari 2023. Meski begitu, masih menurunnya tingkat belanja dan naiknya tabungan masyarakat mengindikasikan bahwa konsumsi rumah tangga yang diharapkan menjadi pendorong pertumbuhan masih perlu mendapat dorongan. 

Sementara itu, menguatnya keyakinan konsumen pada Januari 2023 didorong oleh Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), terutama Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha dan Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE)  juga dinilai tetap kuat, dengan peningkatan terutama terjadi pada Indeks

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Januari 2023 mencapai 123,0, lebih tinggi dibandingkan 119,9 pada Desember 2022 dan 119,6 pada Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Peta Keyakinan Konsumen, Optimistis Tapi Belanja Masih Tertahan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.