PGN Catat Pendapatan Rp56,85 Triliun Sepanjang 2023

Pendapatan PGN Rp56,85 triliun sepanjang 2023 didominasi oleh penjualan kepada pihak ketiga dengan total sebesar US$2,39 miliar dan penjualan terhadap pihak berelasi sebesar US$1,24 miliar.

Artha Adventy & Lukman Nur Hakim

14 Mar 2024 - 10.29
A-
A+
PGN Catat Pendapatan Rp56,85 Triliun Sepanjang 2023

Petugas PT PGN Tbk. memeriksa tekanan pada instalasi Metering Regulating Station saat penyaluran gas bumi dalam bentuk Compressed Natural Gas (gas alam yang dikompresi) menggunakan teknologi GTM (Gas Transportation Module) atau Gaslink Truck untuk menyuplai Jargas Rumah Tangga di wilayah Semarang, Jawa Tengah, Kamis (16/4/2020). ANTARA FOTO/Aji Styawan

Bisnis, JAKARTA — PT Perusahaan Gas Negara Tbk. atau PGN mencatatkan pendapatan sebesar US$3,65 miliar atau setara dengan Rp56,85 triliun (asumsi kurs Rp15.576 per US$) sepanjang 2023.

Berdasarkan laporan keuangan yang dipublikasikan, pendapatan entitas Pertamina berkode saham PGAS itu naik tipis 1,89% dibandingkan dengan raihan pendapatan sepanjang 2022 sebesar US$3,56 miliar. 

Pendapatan PGAS didominasi oleh penjualan kepada pihak ketiga dengan total sebesar US$2,39 miliar dan penjualan terhadap pihak berelasi sebesar US$1,24 miliar. Adapun, penjualan paling besar adalah penjualan gas bumi.

“Kami bersyukur dapat melewati tantangan sepanjang tahun 2023 dengan pencapaian tersebut. Kinerja keuangan yang diperoleh ini sebagai wujud upaya manajemen untuk mengelola bisnis hilir gas bumi yang optimal, andal, serta aman, namun tetap memberikan value bagi pemegang saham dan pemangku kepentingan lain yang terkait,” kata Direktur Utama PGN Arief S. Handoko melalui siaran pers, Rabu (13/3/2024).

Dari sisi operasional 2023, dia menjelaskan bahwa PGN berhasil mengalirkan volume gas niaga sebesar 923 billion british thermal unit per day (BBtud) untuk kebutuhan industri, komersial, transportasi dan rumah tangga. Sementara itu, untuk volume transmisi dalam bisnis pengangkutan sebesar 1.458 million standard cubic feet per day (MMscfd). 

Baca juga:

Bendera Putih’ Produksi Minyak Mentah 1 Juta Barel

Upaya Maksimal PGN Mengoptimalkan Penggunaan Gas Domestik

PGN (PGAS) Targetkan Bangun 117.701 Jaringan Gas Tahun Ini

Kala Pemerintah Tidak Satu Suara soal Harga Gas Murah Industri

Seturut dengan itu, untuk lifting minyak dan gas bumi, volume yang dihasilkan adalah 25.083 barrels of oil equivalent per day (boepd), sedangkan untuk transportasi minyak terdapat kenaikan signifikan dari 38.471 boepd pada 2022 menjadi 155.775 boepd pada 2023. Lalu, untuk volume LPG processing pada 2023 terhitung 106 ton per hari.

“Kami menjalankan peran yang cukup challenging dalam rangka era transisi energi dari fosil ke [energi baru terbarukan] EBT. Dengan posisi kunci sebagai salah satu agregator gas bumi di Indonesia, harapan kami adalah dapat mengisi masa transisi ini melalui penyediaan gas bumi sebagai energi bersih kepada masyarakat,” ujar Arief.


Adapun, jumlah pelanggan yang dimiliki PGN saat ini telah mencapai 830.935 pelanggan dengan perincian 825.856 rumah tangga, 3.103 industri dan komersial, serta 1.976 pelanggan kecil. PGN, kata Arief, dalam perannya sebagai pengelola hilir gas bumi di Pertamina, secara berkelanjutan akan menjalankan kegiatan operasional dan investasinya secara inovatif dan prudent agar dapat menciptakan pertumbuhan bisnis organik serta multiplier effect perekonomian nasional. 

Selain itu, PGN juga akan lebih berfokus dalam pengembangan utilisasi gas bumi yang ramah lingkungan di masa transisi energi menuju energi terbarukan.

Arief optimistis dengan banyaknya perusahaan besar yang beralih ke gas, PGN juga turut membantu proses transisi energi menuju nol emisi karbon (net zero emisi/NZE). “Dua hal itu adalah aspek fundamental bagi masa depan PGN,” ujarnya.

Masih dalam upaya menguatkan bisnis, perusahaan juga terus memperluas jaringan gas (jargas) bagi rumah tangga. Pada tahun ini, PGN menargetkan untuk membangun perluasan sambungan rumah tangga sebanyak 200.000 sambungan rumah tangga. Perseroan juga sedang dalam tahap pembangunan proyek jargas di Ibu Kota Nusantara (IKN), sehingga ditargetkan pengguna jargas dalam setahun ke depan sudah mencapai 1 juta rumah tangga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.