Pilah-Pilih Cuan kala Dividen Berserakan

Sejumlah emiten tancap gas melakukan RUPST pasca libur Lebaran 2024. Kabar baik pembagian dividen yang bermunculan diharapkan dapat menjadi pemanis saat tekanan dan fluktuasi di pasar modal tengah memuncak.

Ana Noviani

19 Apr 2024 - 07.31
A-
A+
Pilah-Pilih Cuan kala Dividen Berserakan

Ilustrasi mencari cuan dividen./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Di tengah tingginya fluktuasi pasar saham, kucuran dividen dari emiten-emiten di Bursa Efek Indonesia menjadi pemanis yang menggiurkan bagi investor. Apalagi, sederet emiten segera menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk mengetok nilai dividen dari laba bersih tahun buku 2023.

Teranyar, emiten laboratorium kesehatan, PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) memutuskan rasio dividen sebesar 60% dari laba bersih yang mencapai Rp259,87 miliar. Menurut Direktur Keuangan Prodia Liana Kuswandi, perseroan konsisten untuk membagikan dividen dengan rasio 60% dari laba bersih, meskipun laba bersih perseroan pada 2023 turun 30,07% secara tahunan.

"Kami melihat pembagian dari dividend payout ratio itu dimungkinkan, karena juga secara saldo kas kami bisa memberikannya pada para pemegang saham, dan ini tidak mengganggu operasional perusahaan," jelas Liana dalam paparan publik, Kamis (18/4).

Atas hasil RUPST itu, Prodia akan menebar dividen senilai Rp155,6 miliar. Apabila menghitung jumlah saham yang beredar sebanyak 937,5 juta saham, dividen per saham yang akan diterima oleh pemegang saham PRDA sebesar Rp165,97 per saham yang mencerminkan yield 4,51% dari harga pasar saham PRDA yang parkir di level Rp3.680.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.