Pilah-Pilih Konstituen 'Mercy' Harga 'Bajaj' LQ45 dan IDX30

Dua indeks acuan terpandang, LQ45 dan IDX30 tengah mengalami gonjang-ganjing melemah cukup dalam dibandingkan dengan IHSG. Melihat fundamental sejumlah emiten andalan tak berubah, rasanya, cukup banyak saham 'Mercy' yang berharga 'Bajaj'

Tim Redaksi

4 Jun 2024 - 19.37
A-
A+
Pilah-Pilih Konstituen 'Mercy' Harga 'Bajaj' LQ45 dan IDX30

Ilustrasi indeks saham./BISNIS

Bisnis, JAKARTA - Dua indeks acuan bergengsi di Bursa Efek Indonesia tengah mengalami kinerja yang terpuruk sejalan dengan tingginya volatilitas pasar, koreksi harga big caps, dan arus keluar modal asing. Meski begitu, valuasi sejumlah blue chips dinilai atraktif dengan prospek pertumbuhan laba yang menjanjikan sepanjang 2024.

Di lantai bursa, indeks LQ45 dan IDX30 melemah 7,7% dan 10,52% atau underperform terhadap IHSG yang turun 2,39% secara year-to-date. Pelemahan itu dipicu oleh koreksi saham-saham big banks, ditambah TLKM, ASII, dan BREN.

Pada saat yang sama, investor asing melakukan jual bersih di pasar saham Indonesia dengan nilai yang besar sepanjang April-Mei 2024. Alhasil, secara akumulasi, jual bersih investor asing mencapai Rp6,25 triliun per akhir bulan lalu.

Memasuki Juni 2024, arus modal asing diproyeksi masih terbatas lantaran investor masih menunggu sentimen arah kebijakan suku bunga The Fed, perkembangan ekonomi China, tensi geopolitik, dan pergerakan harga komoditas global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.