Pilah-Pilah Saham Sektor Batu Bara Kala Harga Kemahalan

Sejumlah saham emiten batu bara masih menarik, meskipun harga cenderung sudah kemahalan. Saham mana saja yang layak koleksi?

Asteria Desi Kartikasari

29 Des 2022 - 18.18
A-
A+
Pilah-Pilah Saham Sektor Batu Bara Kala Harga Kemahalan

Alat berat memindahkan batu bara ke dump truck di tambang batubara yang dioperasikan oleh PT Khotai Makmur Insan Abadi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu (13/10/2021). Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA— Harga saham emiten batu bara di pasar modal telah mengalami peningkatan signifikan hingga cenderung mahal saat ini. Kondisi tersebut didorong oleh meningkatkanya permintaan komoditas energi, termasuk batu bara ketika memasuki musim dingin.

Tidak heran, sektor energi menjadi penggerak pasar utama. IDX Sector Energy meningkat hingga 103,08 persen secara year-to-date (YtD). Kondisi tersebut juga beriringan dengan kenaikan harga komoditas batu bara menjelang akhir tahun. Pada perdagangan Rabu (28/12/2022), harga batu bara kontrak Januari di pasar ICE Newscastle ditutup di posisi US$375,6 per ton. 

Sebelumnya, pemicu kenaikan harga batu bara adalah rencana Eropa untuk kembali beralih ke bakar fosil tersebut. Rencana itu merespons atas krisis energi yang dialami oleh Banua Biru akibat perang Rusia dan Ukraina yang terus berlanjut dan membuat pasokan gas langka. 

Kendati harga saham sektor komoditas emas hitam melonjak, namun terdapat beberapa saham yang masih menarik untuk dikoleksi investor.  Investment Analyst Infovesta Kapital Advisory Fajar Dwi Alfian memproyeksi, tahun depan masih menjadi tahun yang cukup baik bagi emiten batu bara, setidaknya hingga kuartal I/2023.
 
 “Hal ini imbas musim dingin yang akan meningkatkan permintaan komoditas energi, termasuk batu bara,” ujar Fajar kepada Bisnis, dikutip Kamis (29/12/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pilah-Pilah Saham Sektor Batu Bara Kala Harga Kemahalan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.