Pintu E-Katalog Terbuka Lebar, Barang Impor Disingkirkan

Berbagai syarat UMK dan koperasi masuk E-Katalog sudah dipangkas dan dipermudah termasuk pembayaran langsung oleh pemda atas transaksinya menggunakan kartu kredit pemerintah daerah (KKPD).

Rustam Agus

29 Mar 2022 - 15.00
A-
A+
Pintu E-Katalog Terbuka Lebar, Barang Impor Disingkirkan

Belanja digital/ Antara

Bisnis, JAKARTA – Imbauan Presiden Joko Widodo agar pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi membanjiri ‘marketplace’ dengan produk buatan dalam negeri rupanya langsung ditindaklanjuti jajaran instansi terkait.

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) segera membekukan produk impor yang tampil di E-Katalog pengadaan barang dan jasa pemerinah apabila ditemukan produk substitusi buatan dalam negeri.
 
Langkah itu juga ditempuh seiring permintaan Presiden Jokowi agar produk di E-Katalog bisa mencapai 1 juta produk hingga akhir 2022.
 
"Jadi mestinya jika ada barang-barang yang sudah diproduksi dalam negeri, tidak boleh beli impor,” tegas Kepala LKPP Abdullah Azwar Anas, Senin (28/3).

Namun, lanjut dia, untuk barang-barang yang memang tidak ada di dalam negeri misalnya terkait alat-alat pertahanan tertentu yang tidak bisa dibuat di dalam negeri masih dibolehkan beli di luar atau impor.

Selanjutnya LKPP tidak hanya melakukan pembekuan produk impor yang bisa disubstitusi di dalam negeri tetapi juga akan mengalokasikan minimum 40 persen anggaran APBN/APBD 2022 sebesar Rp1.171 triliun bagi usaha menengah dan kecil (UMK) dan koperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.