PLN Berburu Mitra Potensial untuk Panas Bumi

Tak hanya melakukannya sendiri, PLN juga berburu mitra potensial untuk menggarap sejumlah wilayah kerja panas bumi. Saat ini, setidaknya ada enam Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) yang direncanakan akan dikembangkan dengan konsep kemitraan.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

20 Mei 2024 - 05.33
A-
A+
PLN Berburu Mitra Potensial untuk Panas Bumi

Uap panas bumi. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terus berupaya meningkatkan bauran energi baru nasional, salah satunya melalui pengembangan dan pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi pembangkit listrik. Tak hanya melakukannya sendiri, perseroan juga berburu mitra potensial untuk menggarap sejumlah wilayah kerja panas bumi.

Saat ini, setidaknya ada enam Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) yang direncanakan akan dikembangkan dengan konsep kemitraan. Keenam WKP itu di antaranya Atadei di Nusa Tenggara Timur (NTT), Songa Wayaua di Halmahera Selatan, dan Kepahiang di Bengkulu.

Adapun, untuk blok panas bumi yang disebut terakhir diketahui telah diincar oleh afiliasi panas bumi PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) dan Star Energy Geothermal Pte. Ltd.

Belakangan, perusahaan setrum pelat merah itu turut melelang WKP Tulehu di Maluku, Tangkuban Perahu di Jawa Barat, dan Ungaran di Jawa Tengah. “Hal ini menjadi bukti bahwa konsep kemitraan yang ditawarkan PLN diminati oleh badan usaha swasta,” kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto saat dihubungi, Minggu (19/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.