PLN EPI Pacu Penguatan Suplai Energi ke Pembangkit

Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) membidik penguatan suplai energi ke seluruh pembangkit di Tanah Air sepanjang 2024.

Rayful Mudassir

21 Feb 2024 - 08.58
A-
A+
PLN EPI Pacu Penguatan Suplai Energi ke Pembangkit

Bisnis, JAKARTA - Subholding PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) membidik penguatan suplai energi ke seluruh pembangkit di Tanah Air sepanjang 2024. 


Setelah dibentuknya subholding perusahaan setrum, EPI diberi mandat untuk menjaga seluruh pasokan baik batu bara, gas, BBM hingga biomassa ke pembangkit di level keamanan Hari Operasi Pembangkit (HOP). 


"Tak ada pembangkit yang di bawah 20 HOP saat ini. Berbagai penguatan seperti jaminan pasokan, keamanan alokasi energi primer kita perkuat hingga seluruh pembangkit terjamin pasokan energinya," kata Sekretaris Perusahaan PLN EPI Mamit Setiawan dalam keterangan tertulis, Rabu (21/2/2024).


Setidaknya, perusahaan telah menetapkan lima langkah strategis pada tahun ini. Berbagai upaya dan ekspansi dilakukan PLN EPI untuk bisa menjamin terjaga rantai pasok energi primer dan menjadikan PLN EPI sebagai perusahaan yang ternama.


Baca juga:

Yang Dilakukan PLN Saat Hari Pencoblosan

PLN dan JERA Jepang Jajaki Kerja Sama Bisnis LNG Hingga Hidrogen Hijau

Gerak Cepat PLN Siapkan Kebutuhan Listrik Smelter Freeport


Selain penguatan suplai energi, EPI juga menargetkan kinerja keuangan yang sehat dengan memperkuat lini bisnis rantai pasok energi primer yang ada saat ini. Termasuk peningkatan pendapatan beyond kWh seperti sektor logistik energi turut menjadi fokus perusahaan pada tahun ini.


"Kita pada tahun ini akan meningkatkan optimalisasi perkembangan portofolio baru. Kita juga akan mulai masuk pada bisnis green baik melalui co-invesment untuk meningkatkan additional demand," tuturnya.


Berbagai kerja sama dan kolaborasi sudah lebih dulu dilakukan perusahaan pada tahun 2023 hingga awal tahun ini. Seperti bekerja sama dengan Jepang, perusahaan asal UEA untuk pengembangan rantai pasok energi primer.


Ketiga, PLN EPI juga akan menekankan efisiensi biaya energi primer dengan perencanaan kebutuhan dan kepastian rantai pasok dengan biaya yang paling optimal.


Keempat, sesuai mandat holding, PLN EPI juga mengembangan usaha dengan menerapkan prinsip ESG. Hal ini juga sejalan dalam mendukung transisi energi di Indonesia.


"Seperti pelibatan masyarakat di gunung kidul Yogyakarta dalam membuat eco-village atau desa berdaya energi untuk hutan energi juga menjadi salah satu implementasi prinsip ESG," kata Mamit.


Kelima, penguatan tata kelola Human Capital. Hal ini untuk meningkatkan maturitas organisasi perusahaan yang didukung oleh proses bisnis yang ekselen dan sesuai dengan GCG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.