PLN Kantongi Pinjaman dari ADB US$600 Juta

Program Akses Energi yang Berkelanjutan dan Andal dari ADB akan merehabilitasi, memperkuat, dan memperluas jaringan listrik PLN serta mendorong penggunaan energi bersih. 

Zufrizal

13 Des 2021 - 08.43
A-
A+
PLN Kantongi Pinjaman dari ADB US$600 Juta

Petugas Area Pelaksana Pemeliharaan (APP) Cawang PT PLN (Persero) Transmisi Jawa Bagian Barat melakukan pemeriksaan rutin panel di Gardu Induk 150 KV Mampang Dua, Jakarta./Antara

Bisnis, JAKARTA — Asian Development Bank (ADB) menyetujui pinjaman berbasis hasil US$600 juta untuk membantu PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) meningkatkan keandalan dan ketahanan layanan listrik di barat dan wilayah tengah Pulau Jawa dan mempromosikan penggunaan energi bersih.

Program Akses Energi yang Berkelanjutan dan Andal akan merehabilitasi, memperkuat, dan memperluas jaringan listrik PLN serta mendorong penggunaan energi bersih. 

Hal ini akan meningkatkan pengelolaan limbah dan aset PLN, pengadaan, dan pendidikan masyarakat. Program ini akan memberikan manfaat bagi lima provinsi di wilayah tersebut, yang berpenduduk sekitar 112 juta orang, yakni Banten, Jawa Tengah, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Program ini akan meningkatkan akses ke energi yang berkelanjutan dan andal di Pulau Jawa bagian barat dan tengah, yang merupakan rumah bagi 41% penduduk Indonesia, termasuk sekitar 30 juta orang yang miskin atau hidup di dekat garis kemiskinan,” kata Spesialis Keuangan Senior ADB Daniel Miller melalui siaran pers, Senin (13/12/2021).

Pinjaman dengan jaminan negara dari Pemerintah Indonesia tersebut akan meningkatkan jaringan transmisi PLN, otomatisasi jaringan listrik, dan fasilitas penyimpanan limbah berbahaya. Ha Ini akan mendukung digitalisasi proses bisnis PLN, seperti e-procurement dan mendukung pemasangan lebih banyak stasiun pengisian untuk kendaraan listrik.

Selain itu, kata ADB, Program ini akan bermanfaat bagi perempuan dan anak perempuan, yang memikul beban tanggung jawab rumah tangga, dengan memperluas partisipasi mereka dalam kegiatan yang menghasilkan pendapatan dan bergantung pada energi seperti produksi barang-barang lokal, pengolahan pertanian, dan pariwisata.

Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.