PMI Manufaktur Ekspansif, Dua Persoalan Perlu Dicermati

Sektor manufaktur berekspansi pada kecepatan tertinggi pada awal 2022 seiring laju kenaikan permintaan yang kuat. Akan tetapi, masalah pasokan bahan baku masih membelit tengah optimisme penyebaran galur Omicron akan tertanggulangi.

Fatkhul Maskur

2 Feb 2022 - 20.30
A-
A+
PMI Manufaktur Ekspansif, Dua Persoalan Perlu Dicermati

Pabrik Sepatu. - BisnisIndonesiaID

Bisnis, JAKARTA - Sektor manufaktur berekspansi pada kecepatan tertinggi pada awal 2022 seiring laju kenaikan permintaan yang kuat. Akan tetapi, masalah pasokan bahan baku masih membelit tengah optimisme penyebaran galur Omicron akan tertanggulangi.

IHS Markit Indonesia Manufacturing Purchasing Managers' Index (PMI) mencatat 53,7 pada Januari, naik dari 53,5 pada Desember 2021. Ini menunjukkan perbaikan kondisi bisnis selama lima bulan berturut-turut di seluruh sektor manufaktur Indonesia, dengan tingkat peningkatan terkuat sejak November lalu.

Permintaan barang-barang manufaktur Indonesia naik pada tingkat tercepat dalam tiga bulan di awal tahun, di samping kondisi produksi yang lebih baik, berkontribusi pada ekspansi yang lebih tajam dari output manufaktur. 

"Permintaan klien meningkat lebih tajam, didukung oleh rekor pertumbuhan pesanan baru dari luar negeri, dengan pesanan baru naik pada tingkat tercepat," kata Jingyi Pan, Direktur Asosiasi Ekonomi di IHS Markit, dalam keterangan pers, Rabu (2/2/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

PMI Manufaktur Ekspansif, Dua Persoalan Perlu Dicermati

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.