Free

Poin Loyalitas Pelanggan Gojek Dihentikan, Penutupan Layanan Perdana sejak Isu ‘Merger’

Gojek sebelumnya diketahui memiliki layanan loyalitas pelanggan yang memungkinkan pengguna Gojek mendapatkan poin sesuai dengan jumlah transaksi di aplikasi. Makin sering dan banyak transaksi dilakukan, akan makin banyak poin yang didapatkan.

Crysania Suhartanto

24 Feb 2024 - 19.13
A-
A+
Poin Loyalitas Pelanggan Gojek Dihentikan, Penutupan Layanan Perdana sejak Isu ‘Merger’

Gojek mengumumkan layanan loyalitas pelanggan GoClub akan dihentikan mulai 26 Februari 2024. /Gojek

Bisnis, JAKARTA – Layanan loyalitas pelanggan Gojek, salah satu entitas PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), akan dihentikan mulai 26 Februari 2024. 

Layanan yang dinamakan GoClub ini juga sudah menghentikan pemberian poin sejak 23 Februari 2024. Alhasil, setiap poin dan level yang terkumpul juga sudah tidak berlaku sejak saat tersebut. Gojek tidak memberitahukan alasan penutupan fitur ini. 

“Semua poin XP yang terkumpulkan, level, serta manfaat lainnya yang terkait [GoClub] sudah tidak berlaku karena program GoClub telah diberhentikan,” tulis Gojek dalam keterangan resminya, Jumat (23/2/2024).

Gojek sebelumnya diketahui memiliki layanan loyalitas pelanggan yang memungkinkan pengguna Gojek mendapatkan poin sesuai dengan jumlah transaksi di aplikasi. Makin sering dan banyak transaksi dilakukan, akan makin banyak poin yang didapatkan.

Baca juga: Rute Favorit Kereta Api Mudik yang Bakal Direbutkan pada Lebaran 2024

Adapun, nantinya poin akan menentukan tingkatan pelanggan. Makin tinggi poinnya, akan makin tinggi dan besar promo yang didapatkan. Diketahui ada empat tingkatan pelanggan, yakni Warga, Bos, Juragan, dan Anak Sultan.

Dalam keterangannya, Gojek menyatakan XP GoClub dan levelnya tidak dapat ditukarkan atau ditebus dengan uang sehingga tidak dapat dikompensasikan.

Namun, khusus pelanggan di tingkat Juragan dan Anak Sultan, Gojek masih memiliki promo khusus yang dapat ditawarkan, yakni harga khusus berlangganan GoFood Plus, GoPay Cashback hingga 50%, dan promo lain yang dapat dilihat melalui email pengguna. 

Lebih lanjut, Gojek mengaku masih akan terus berinovasi dan menghadirkan program yang tidak kalah menarik di masa yang akan datang. Perseroan mengungkapkan rasa terima kasihnya pada kesetiaan pelanggan sebagai pengguna Gojek.

 Warga mengorder ojek online di Jakarta. Bisnis/Abdurahman 

“Meskipun program GoClub tidak lagi tersedia, Gojek akan terus berinovasi dan menghadirkan fitur baru dan program yang tidak kalah menarik bagi semua pengguna,” ujar Gojek. 

Langkah ini merupakan tindakan penutupan layanan pertama yang dilakukan Gojek setelah adanya kabar merger antara Gojek dengan perusahaan ride-hailing Malaysia, Grab. 

Berdasarkan catatan Bisnis, Gojek dan Grab disebut telah memulai kembali perundingan untuk melakukan penggabungan bisnis. Merger kedua aplikasi itu disebut sebagai langkah potensial menghentikan kerugian yang diderita kedua perusahaan selama bertahun-tahun akibat persaingan ketat.

Baca juga: Gojek Tutup Layanan Loyalitas Pelanggan GoClub per 26 Februari

Sumber Bloomberg sebagaimana dikutip bisnis.com menyebutkan merger keduanya masih dalam tahap diskusi awal. Kombinasi keduanya memiliki potensi besar karena melayani berbagai kebutuhan transportasi hingga pengantaran makanan bagi 650 juta orang dalam kawasan.

Disebutkan salah satu opsi potensial adalah Grab yang berbasis di Singapura akan mengakuisisi GoTo menggunakan uang tunai, saham, atau kombinasi keduanya. 

Sumber yang sama menyebutkan, opsi ini terbuka seiring beralihnya tampuk pemimpin perusahaan ke Patrick Walujo yang kini menjadi CEO setelah sebelumnya hanya sebagai investor.

Disebutkan juga, para pemegang saham kedua perusahaan mendukung kesepakatan tersebut dan mendorong perundingan tersebut bergerak hingga menjadi aksi korporasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.