Free with Login

Poin-Poin Penting Dalam Peta Jalan Bisnis Dana Pensiun

Roadmap dana pensiun Indonesia akan fokus pada penguatan tata kelola, investasi, SDM, manajemen risiko, digitalisasi, hingga jangkauan ke sektor informal.

Pernita Hestin Untari

19 Mei 2024 - 16.34
A-
A+
Poin-Poin Penting Dalam Peta Jalan Bisnis Dana Pensiun

Ilustrasi dana pensiun./Bisnis - Albir Damara

Bisnis, JAKARTA— Sejumlah poin penting disusun dalam peta jalan atau roadmap pengembangan dan penguatan dana pensiun, yang saat ini masih dalam tahap finalisasi.

Adapun peta jalan yang dimaksud diharapkan dapat diluncurkan pada tahun ini. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK Ogi Prastomiyono mengatakan,poin penting itu di antaranya bagaimana sinergi pada ekosistem program pensiun di Indonesia baik program pensiun wajib maupun program pensiun sukarela dalam rangka mempersiapkan kesejahteraan masyarakat setelah melewati usia produktif masih tetap terjaga.

“Roadmap ini juga bertujuan untuk mendukung tercapainya replacement ratio yang mengikuti standar dari ILO [International Labour Organization] yaitu sebesar 40%,” kata Ogi dalam jawaban tertulisnya dikutip Minggu (19/5/2024). 

Ogi menambahkan beberapa fokus pada roadmap ini juga akan terdapat pada penguatan berbagai elemen dana pensiun seperti tata kelola, investasi, strategi Sumber Daya Manusia (SDM), manajemen risiko, sampai dengan perluasan cakupan melalui digitalisasi termasuk jangkauan pada sektor informal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.