POJK Spin Off UUS Makin Matang, Kesiapan Perbankan Ditagih

Seiring dengan makin dekatnya perilisan Peraturan OJK (POJK) terkait spin off unit usaha syariah (UUS), bagaimana kesiapan industri perbankan dalam melepas UUS miliknya menjadi bank umum syariah (BUS)?

Alifian Asmaaysi & Emanuel Berkah Caesario

29 Jun 2023 - 11.40
A-
A+
POJK Spin Off UUS Makin Matang, Kesiapan Perbankan Ditagih

Ilustrasi perbankan syariah. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Regulasi terkait pemisahan usaha atau spin off unit usaha syariah (UUS) industri perbankan kian matang, setelah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merampungkan konsultasi pembahasannya dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 

Meskipun masih enggan memerincikan intisari dari regulasi berupa Peraturan OJK tersebut, OJK optimistis kebijakan tersebut nantinya dapat menjadi jalan keluar terbaik untuk mendorong perkembangan industri jasa keuangan syariah di Indonesia.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae, menuturkan bahwa pada Selasa (27/6/2023) OJK telah mengkonsultasikan seluruh ketentuan spin off UUS pada bank maupun lembaga keuangan non bank (LKNB) dengan anggota Komisi XI DPR RI.

"Sidang itu dinyatakan tertutup dan belum bisa dikomunikasikan kepada publik sampai nanti POJK nya keluar," jelasnya kepada Bisnis, Rabu (28/6/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.