Polda Lampung Bakal Tindak Tegas Kejahatan di Jalan Tol

Pelemparan batu ke kendaraan yang melintas di Sumatra, khususnya di Jalur Lintas Sumatra dan JTTS bukanlah hal baru. Berulang kali terjadi sejak lama dengan beragam motif pelaku, mulai dari murni tindakan kriminal atau kejahatan, hingga sekadar iseng.

Emanuel Berkah Caesario

27 Apr 2022 - 20.19
A-
A+
Polda Lampung Bakal Tindak Tegas Kejahatan di Jalan Tol

Foto udara jalan tol ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang merupakan bagian dari Trans Sumatra, di Lampung. Ruas tol ini kini menjadi nadi ekonomi penting yang menghubungkan Sumatra dan pulau Jawa./Bisnis - Abdullah Azzam

Bisnis, JAKARTA — Mengantisipasi tindak kejahatan di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), khususnya pelemparan batu ke kendaraan yang melintas, Polda Lampung menyiapkan upaya khusus yang melibatkan perangkat desa setempat.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, menyatakan pihaknya melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan perangkat desa dalam Operasi Ketupat Krakatau 2022. Keduanya dilibatkan untuk melakukan upaya preventif mengimbau warga di sekitar JTTS untuk tidak berkumpul di jembatan tol.

“Mereka melakukan upaya preventif, mengimbau warga untuk tidak nongkrong di jembatan tol. Karena mereka yang nongkrong ini biasanya berpotensi melakukan pelemparan ke kendaraan yang melintas,” katanya ketika dihubungi oleh Bisnis, Rabu (27/3).

Pelemparan batu ke kendaraan yang melintas di Sumatra, khususnya di Jalur Lintas Sumatra dan JTTS bukanlah hal baru. Berulang kali terjadi sejak lama dengan beragam motif pelaku, mulai dari murni tindakan kriminal atau kejahatan, hingga sekadar iseng. 

Hal tersebut yang akhirnya membuat sejumlah perusahaan otobus (PO) yang melintas di Sumatra memasang tameng pelindung kaca.

Adapun, untuk upaya represif atau penanganan terhadap pelaku kejahatan, pihaknya sudah menyebar ribuan personel, termasuk tim penembak jitu atau sniper. Mereka adalah bagian dari 4.008 personel gabungan Operasi Ketupat Krakatau 2022 yang melibatkan TNI, Satpol PP, dan pemerintah daerah.

“Kami siapkan tim untuk pencegahan atau preventif, yaitu tim intelijen untuk mencari informasi mengenai pelaku kejahatan. Tim sniper juga yang disebar di 14 Polres di wilayah Lampung,” tuturnya.

Seperti diketahui, pada Jumat (22/4) salah satu unit milik PO Naikilah Perusahaan Minang (NPM) jurusan Jakarta-Padang menjadi sasaran pelemparan batu oleh orang tak dikenal di ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar. Pelemparan yang dilakukan terjadi di KM 181 pada malam hari sekitar pukul 22.00 WIB.

Bus yang datang dari arah Bakauheni itu mengalami kerusakan cukup parah pada kaca depannya. Batu yang dilemparkan ukurannya terbilang besar, melebihi kepalan tangan dan dilumuri tanah.

Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Pengemudi berhasil mengendalikan kendaraan dan menepikannya ke bahu jalan sesaat setelah kejadian.

Terpisah, Ketua Bidang Angkutan Orang Dewan Pengurus Pusat Organisasi Angkutan Darat (DPP Organda), Kurnia Lesani Adnan, mengatakan setelah peristiwa yang menimpa bus NPM pihaknya langsung berkoordinasi dengan pihak terkait. 

Melalui akun Instagram-nya dia juga sempat mengunggah rekaman video yang memperlihatkan kerusakan kaca depan bus tersebut.

“Kami langsung berkoordinasi dgn Direktur Jenderal Perhubungan Darat  Budi Setyadi untuk diperhatikan dan diteruskan ke Polri dan sudah di tanggapi langsung Kakorlantas,” katanya kepada Bisnis belum lama ini.

Pria yang akrab disapa Sani itu juga menyebut DPP Organda telah mengirimkan surat kepada Kapolri Listyo Sigit Prabowo untuk pengamanan jalan, khususnya selama musim mudik Lebaran tahun ini.

***

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021.

Bisnis Indonesia Jelajah Lebaran 2022 dilaksanakan pada Rabu (27/4) hingga Rabu (4/5).
Jelajah Lebaran 2022 dilakukan dengan perjalanan melalui dua rute.

Pertama, untuk rute Jawa-Bali  dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali.

Kedua, untuk rute Sumatra  melalui jalan tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau.

(Reporter: Rezha Hadyan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.