Polda Lampung Siapkan Pasukan Khusus Kawal Pemudik

Personil yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Anti Begal itu akan mengawal pemudik mulai dari Pelabuhan Bakauheni hingga kota tujuannya di wilayah Lampung atau perbatasan Lampung-Sumatra Selatan.

Yanita Petriella

27 Apr 2022 - 22.08
A-
A+
Polda Lampung Siapkan Pasukan Khusus Kawal Pemudik

Jalintim Sumatra Selatan. /dok. Kementerian PUPR


Bisnis, SERANG - Polda Lampung telah menyiapkan 600 personel yang ditugaskan khusus mengawal pemudik melintas di wilayah provinsi tersebut selama musim mudik Lebaran 2022.

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan personil ini untuk mengawal pemudik khususnya pemudik dengan sepeda motor yang melintas di Jalur Lintas Sumatra, Lampung. 

Personil yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Anti Begal itu akan mengawal pemudik mulai dari Pelabuhan Bakauheni hingga kota tujuannya di wilayah Lampung atau perbatasan Lampung-Sumatra Selatan.

“Satgas Anti Begal ini bertugas mengawal pemudik yang melintas di wilayah Provinsi Lampung. Karena banyak pemudik, khususnya pengendara sepeda motor yang takut menjadi korban begal di wilayah kami,” katanya ketika dihubungi oleh Bisnis, Rabu (27/4/2022).

Satgas Anti Begal yang disiapkan oleh Polda Lampung ini merupakan bagian dari personil Operasi Terpusat Ketupat Krakatau 2022 yang melibatkan lebih dari 4.000 personil dan terdiri dari anggota Polri, Tentara Nasional Indonesia (TNI), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan sejumlah perangkat daerah setempat.

“Personil akan disebar di 15 Polres di 15 kabupaten dan kota. Kemudian ada 17 pos khusus di tempat istirahat dan pelayanan (TIP) atau rest area di Jalan Tol Trans Sumatra [JTTS] Bakauheni-Terbanggi Besar,” ujarnya.

Secara keseluruhan, Polda Lampung menyiapkan 88 pos pengamanan dan pelayanan, 66 pos pelayanan, 25 pos pengamanan, dan 1 posko terpadu. Posko pelayanan ini memiliki pelayanan kesehatan yang bisa digunakan oleh pemudik ketika kondisinya kurang sehat. 

"Bisa digunakan untuk beristirahat juga. Khusus untuk posko terpadu di Pelabuhan Bakauheni ada dapur umum,” ucapnya. 

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021.Bisnis Indonesia Jelajah Lebaran 2022 dilaksanakan pada Rabu (27/4/2022) hingga Rabu (4/5/2022). Jelajah Lebaran 2022 dilakukan dengan perjalanan melalui dua rute. 

Pertama, untuk rute Jawa-Bali  dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur Pantai Utara (Pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. Kedua, untuk rute Sumatra melalui jalan tol Trans Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau. (Rezha Hadyan)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.