Polemik Rencana Pungutan Iuran Pariwisata dari Tiket Pesawat

Pemerintah tengah membentuk Indonesia Tourism Fund atau dana abadi pariwisata. Penyusunan Peraturan Presiden (Perpres) tengah dilakukan untuk membentuk lembaga dan tata kelola dana abadi pariwisata. Adapun alokasi dana pariwisata mencapai Rp2 triliun.

Ni Luh Anggela

21 Apr 2024 - 18.21
A-
A+
Polemik Rencana Pungutan Iuran Pariwisata dari Tiket Pesawat

Wisatawan di Bali. dok Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah disebut akan memungut iuran pariwisata melalui tiket penerbangan. 

Pengamat Penerbangan Alvin Lie mengatakan rencana pemerintah untuk memungut iuran pariwisata melalui tiket pesawat dinilai tidak etis dan akan berdampak pada industri penerbangan.

Menurutnya, seharusnya pemerintah dapat menarik iuran langsung alih-alih diselipkan ke harga tiket pesawat. Dia mengusulkan pungutan iuran pariwisata dapat dibebankan kepada hotel atau saat wisatawan mengajukan visa on arrival (VOA).

“Rencana pemerintah memungut iuran untuk pariwisata diselipkan ke harga tiket sangat tidak etis dan sangat tidak patut,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (21/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.