Porsce Macan Baru : Lebih Kuat, Tambah Lincah, Makin Sportif

Porsche meluncurkan Macan baru dengan peningkatan performa, desain yang lebih tajam, dan konsep pengoperasian yang baru. Ketiga versi yang tersedia hadir dengan kekuatan yang jauh lebih besar daripada pendahulunya.

Fatkhul Maskur
1 Agt 2021 - 19.40
A-
A+
Porsce Macan Baru : Lebih Kuat, Tambah Lincah, Makin Sportif

Porsche Macan GTS di Jalan. /Porsche

Bisnis, JAKARTA - Porsche meluncurkan Macan baru dengan peningkatan performa, desain yang lebih tajam, dan konsep pengoperasian yang baru. Ketiga versi yang tersedia hadir dengan kekuatan yang jauh lebih besar daripada pendahulunya.

Sebagai unggulan sportif dari jajaran SUV, Macan GTS berada di urutan teratas. Dengan mesin biturbo V6 2.9 liter, Macan GTS yang memiliki catatan NEDC Konsumsi bahan bakar gabungan 9,9 l/100 km, emisi CO2 gabungan 225 g/km itu sekarang menghasilkan 324 kW (440 PS) – peningkatan 44 kW (60 PS). 

Dengan daya tanggap dan pengiriman tenaga yang khas dari mobil Porsche GTS, ia bisa melejit 0-100 km/jam dalam 4,3 detik bila dilengkapi dengan paket Sport Chrono dan mencapai kecepatan tertinggi 272 km/jam. 

Macan S kini juga dilengkapi dengan mesin biturbo V6 2,9 liter menghasilkan tenaga 20 kW (26 PS) lebih besar dari sebelumnya menjadi 280 kW (380 PS). Ini mampu memacu kendaraan dari posisi diam ke 100 km/jam dalam 4,6 detik, sementara kecepatan tertingginya mencapai 259 km/jam.

Mesin empat silinder turbocharged yang baru dikembangkan dengan 195 kW (265 PS; Macan (NEDC): Konsumsi bahan bakar gabungan 8,8 – 8,7 l/100 km, gabungan emisi CO2 200 – 198 g/km; Macan (WLTP): Kombinasi konsumsi bahan bakar 10,7 – 10,1 l/100 km, gabungan emisi CO2 243 – 228 g/km) berfungsi sebagai titik masuk ke dunia Macan. 

Dengan mesin tersebut, Macan bisa melejit 0 hingga 100 km/jam dalam 6,2 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 232 km/jam. Semua mesin digabungkan ke transmisi tujuh kecepatan Porsche dual-clutch transmission (PDK) dan sistem all-wheel-drive Porsche Traction Management (PTM).

Sasis & Suspensi

Model Macan baru juga menawarkan bandwidth suspensi yang lebar, menyeimbangkan kenyamanan suspensi maksimum dan performa mobil sport yang dinamis. Penyempurnaan sasis ini memungkinkan Macan mampu merespon dengan lebih sensitif dan lebih langsung terhadap situasi mengemudi dan kondisi jalan, memberikan pengemudi umpan balik yang lebih baik melalui roda kemudi. 

Untuk ini, elemen seperti karakteristik peredam Porsche Active Suspension Management (PASM) telah diadaptasi ulang secara khusus untuk model ini. Ini secara aktif dan terus menerus mengatur gaya redaman untuk setiap roda individu. PASM tersedia sebagai opsi untuk Macan dan merupakan standar untuk model S dan GTS.

Macan GTS sekarang membedakan dirinya dari turunan lainnya, bahkan lebih dari sebelumnya dengan suspensi udara sport standar, yang menurunkan bodi hingga 10 milimeter. Manfaat dinamis dari GTS baru terutama karena fakta bahwa suspensi udara 10 persen lebih kaku pada gandar depan dan 15 persen lebih kencang pada gandar belakang dibandingkan dengan pendahulunya.

Paket opsional GTS Sport semakin meningkatkan potensi dinamis mobil, dengan velg berdesain GT 21 inci dengan ban performa, Porsche Torque Vectoring Plus (PTV Plus) dan paket Sport Chrono.

Porsche semakin mempertajam visual SUV kompaknya dengan sejumlah perubahan spesifik. Hidung yang didesain ulang dengan inlay pada warna eksterior menekankan lebar Macan, membuatnya terlihat lebih mengesankan di jalan. 

Pada GTS baru, bagian tengah hidung serta elemen lainnya selesai dalam warna hitam. Bagian belakang sekarang dibulatkan ke arah jalan dengan diffuser mencolok dalam desain yang sangat teknis. Di sini dan di bagian depan, fitur struktur 3D baru, yang juga tersedia secara opsional untuk bilah samping mobil. Lampu depan LED dengan Porsche Dynamic Light System (PDLS) dan kaca spion eksterior Sport Design kini menjadi standar pada semua model.

Eksterior Macan 

Macan baru tersedia pilihan dengan total 14 warna, termasuk warna baru Papaya Metallic dan Gentian Blue Metallic, serta Python Green untuk Macan GTS dengan paket GTS Sport. Dengan pilihan Individual Color and Paint To Sample, Porsche Exclusive Manufaktur secara signifikan memperluas kebebasan desain untuk Macan. 

Roda yang lebih besar juga dipasang sebagai standar. Berukuran setidaknya 19 inci untuk Macan, 20 inci untuk Macan S, dan 21 inci untuk Macan GTS. Sebanyak tujuh desain roda baru juga telah ditambahkan ke jajaran.

Porsche Macan baru menawarkan interior yang ditingkatkan secara substansial dengan konsol tengah yang dirancang modern dan elegan. Konsep pengoperasian barunya, yang memanfaatkan permukaan sentuh alih-alih tombol taktil, menghadirkan struktur yang jelas pada kokpit. 

Tuas pemilih baru yang lebih pendek berada di tengah modul kontrol yang diatur dengan jelas. Jam analog di bagian atas dasbor kini juga menjadi perlengkapan standar. Sejumlah paket pelapis kulit dan jahitan kontras dalam Gentian Blue, Pepaya atau Crayon tersedia secara opsional untuk menambahkan highlight warna baru pada interior. 

Macan terus menawarkan banyak fungsi dan layanan online sebagai standar. Ini dapat dikontrol melalui layar sentuh Full HD 10,9 inci dari Porsche Communication Management atau melalui perintah suara. Macan mengadopsi roda kemudi multifungsi dan GT Sport baru dari 911.

Interior Macan 

Selain manfaat dinamis dan highlight hitam pada eksterior, paket GTS Sport yang tersedia hanya untuk model teratas juga berisi perlengkapan khusus dan eksklusif untuk interior. Ini termasuk jok sport 18-arah, paket interior Carbon, jok Race-Tex dengan elemen kulit yang diperpanjang, berbagai item dengan jahitan kontras dan huruf GTS dalam Python Green.

Macan, yang telah mencatatkan 600.000 pengiriman di seluruh dunia sejak peluncuran pasarnya pada 2014, memiliki peran khusus di Porsche. Sekitar 80 persen dari pembeli Macan adalah pelanggan baru Porsche. 

Selain itu, proporsi wanita yang membeli Macan telah meningkat secara konsisten dalam beberapa tahun terakhir dan merupakan yang tertinggi di semua lini produk Porsche. Di China, pasar terbesar untuk Macan, hanya di bawah 60 persen pembeli adalah wanita.
Info

Model Macan baru tersedia untuk dipesan untuk pengiriman mulai awal Oktober 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.