Portofolio Asuransi Tradisional Mulai Geser Unitlink Berlanjut

Dominasi produk tradisional asuransi diproyeksikan akan berlanjut hingga tahun depan. Bahkan menggeser dominasi produk unitlink atau produk yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI).

Pernita Hestin Untari

19 Okt 2023 - 18.14
A-
A+
Portofolio Asuransi Tradisional Mulai Geser Unitlink Berlanjut

Petugas beraktivitas di dekat logo-logo asuransi di kantor Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Jakarta, Selasa (23/8/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA— Dominasi produk tradisional asuransi diproyeksikan akan berlanjut hingga tahun depan. Bahkan menggeser dominasi produk unitlink atau produk yang dikaitkan dengan investasi (PAYDI).

Pelaku industri menilai aturan SEOJK No. 5/2022 telah mengubah perilaku masyarakat dalam membeli produk unit linked. Misalnya saja, PT Asuransi BRI Life atau BRI Life sebelumnya juga menyebut portofolio produk unitlink perusahaan juga menyusut. Perusahaan juga lebih fokus untuk menawarkan manfaat pertanggungan asuransi tradisional.

 “Dulu memang mungkin mayoritas di unitlink, tapi sekarang 90% itu tradisional dan 10 persen unitlink,” kata Direktur Keuangan BRI Life Lim Chet Ming dalam Media Engagement BRI Life di Jakarta, dikutip Kamis (19/10/2023).

Meskipun dia tidak menampik masih ada nasabah yang membutuhkan produk unitlink meskipun porsinya saat ini sudah mengecil. Dia juga menekankan sejatinya tidak ada masalah pada produk tersebut. Masalahnya, apakah produk tersebut cocok untuk nasabah. Mengingat menurutnya, produk unitlink lebih kompleks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.