Potensi Besar Harta Karun Migas di Timur Indonesia Kian Dilirik

Kementerian ESDM sempat membeberkan bahwa sejumlah perusahaan migas global banyak yang tertarik untuk berinvestasi pada kegiatan eksplorasi sumber daya baru di daerah Indonesia Timur dan laut lepas.

Ibeth Nurbaiti

23 Jul 2023 - 14.28
A-
A+
Potensi Besar Harta Karun Migas di Timur Indonesia Kian Dilirik

Unit Produksi Terapung (Floating Production Unit/FPU) proyek IDD, Kalimantan, Indonesia./indonesia.chevron.com

Bisnis, JAKARTA — Cukup besarnya potensi sumber daya minyak dan gas bumi yang tersebar di kawasan timur Indonesia memantik pemerintah untuk lebih agresif lagi mendorong pengeboran sumur eksplorasi di kawasan tersebut.

Terlebih, cadangan migas nasional saat ini kian menipis di tengah terus turunnya realisasi produksi dan investasi di hulu migas. Sejalan dengan itu, hingga kini juga belum ada penemuan lapangan migas kelas kakap untuk menambah cadangan.

Di sisi lain, pemerintah mempunyai ambisi untuk mewujudkan visi lifting 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada 2030. Tanpa kegiatan pengeboran yang masif dan agresif, mustahil target besar lifting pada 2030 itu akan tercapai.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), setidaknya ada lima wilayah kerja di Indonesia bagian timur yang bakal didorong pemerintah untuk dioptimalkan pengelolaannya, seperti di wilayah kerja (WK) Seram, Buton, Timur, Aru, dan Warim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.