Potensi Besar Minyak Buton Bakal Jadi Pengganti Blok Rokan dan Cepu

Pemerintah terus berupaya mendorong perusahaan migas nasional, terutama PT Pertamina (Persero) untuk lebih agresif lagi mengoptimalkan potensi migas Tanah Air, termasuk di timur Indonesia.

Stepanus I Nyoman A. Wahyudi

21 Apr 2024 - 15.07
A-
A+
Potensi Besar Minyak Buton Bakal Jadi Pengganti Blok Rokan dan Cepu

Fasilitas pengeboran offshore di salah satu wilayah kerja PT Pertamina (Persero). Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE) bergerak cepat mengoptimalkan aset sekaligus menjaga laju produksi migas saat ini dengan lebih masif dan agresif lagi berburu cadangan migas raksasa atau 'big fish' yang tersimpan di perut Bumi Pertiwi. Istimewa-Dok. Pertamina

Bisnis, JAKARTA — Pemerintah terus berupaya mendorong optimalisasi potensi minyak dan gas bumi (migas) di Tanah Air, mengingat kian sulitnya untuk mengungkit produksi migas nasional terus yang mengalami penurunan.

Selama ini, wilayah kerja (WK) Rokan yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menjadi salah satu tulang punggung produksi minyak nasional, selain WK Cepu yang dikelola oleh ExxonMobil Cepu Limited.

Pada 2023, PHR berhasil memproduksi minyak sebesar 161.623 barel per hari (bph), lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 159.262 bph. Sementara itu, produksi minyak dari operator Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu ExxonMobil Cepu Ltd. (EMCL) berada di level 155.444 bph pada tahun yang sama, sehingga menempatkan salah satu ladang minyak tertua di Tanah Air itu sebagai penyumbang produksi minyak terbesar kedua secara nasional.

Jika dirata-ratakan, kedua blok migas tersebut menopang lebih dari 40% produksi minyak nasional. Hanya saja, kinerja produksi minyak dari kedua WK migas tersebut pada dasarnya terus mengalami penurunan secara alamiah (decline rate) lantaran karakteristik sumur-sumurnya yang sudah tua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.