Potensi Cuan Emiten Konsumer & Momentum Kenaikan UMP 2024

Sederet saham emiten sektor konsumer berpotensi cuan usai sejumlah provinsi menetapkan dan mengumumkan upah minimum provinsi atau UMP 2024.

Tim Redaksi

26 Nov 2023 - 12.18
A-
A+
Potensi Cuan Emiten Konsumer & Momentum Kenaikan UMP 2024

Pelanggan mengambil paket mi goreng Indomie produksi PT Indofood CBP Suskes Malmur Tbk (ICBP) di supermarket Hypermart. - Bloomberg/Dimas Ardian

Bisnis, JAKARTA—Sederet saham emiten sektor konsumer berpotensi cuan usai sejumlah provinsi menetapkan dan mengumumkan upah minimum provinsi atau UMP 2024.

Adapun kenakaikan UMP 2024 diumumkan pada 21 November 2023. Kenaikan UMP tersebut sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 51/2023 tentang Perubahan PP No. 36/2021 tentang Pengupahan. Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis, secara besaran nilai, UMP terbesar masih berada di DKI Jakarta.

 Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menetapkan UMP 2024 sebesar Rp5,06 juta atau naik 3,6% dibandingkan UMP 2023. Namun ditinjau secara persentase, kenaikan UMP tertinggi berada di Provinsi Maluku Utara dengan kenaikan sebesar 7,5%, disusul oleh DI Yogyakarta 7,27%, Jawa Timur 6,13%, dan Sulawesi Tengah 5,28%.

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis Setyo Wibowo mengatakan, saham sektor konsumsi dan ritel biasanya akan terpengaruh oleh kenaikan UMP. Namun investor juga disarankan untuk mencermati data-data lainnya yang memengaruhi sektor konsumer. 

Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Potensi Cuan Emiten Konsumer & Momentum Kenaikan UMP 2024

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.