Potensi Gulungan Laba TFAS dari Sepeda Motor Listrik

Kontribusi segmen bisnis motor listrik terhadap pendapatan PT Telefast Indonesia Tbk. berpotensi kian meningkat di masa mendatang, seiring dengan pesanan yang terus meningkat terhadap unit kendaraan sepeda motor listrik.

Rinaldi Mohammad Azka

9 Des 2021 - 16.46
A-
A+
Potensi Gulungan Laba TFAS dari Sepeda Motor Listrik

Ilustrasi bisnis PT Telefast Indonesia Tbk.

Bisnis, JAKARTA — Emiten teknologi, PT Telefast Indonesia Tbk. (TFAS) mendapatkan pesanan 10.000 unit kendaraan sepeda motor listrik dari PT SiCepat Ekspres Indonesia melalui kerja samanya dengan anak usaha PT TFAS Energi Indonesia (TEI).

Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk inovasi SiCepat Ekspres dalam memilih kendaraan operasional untuk mengantarkan paket-paket kepada pelanggan.

Chief Operating Officer SiCepat Ekspres Murwanto menjelaskan, SiCepat tidak hanya berinovasi dalam memberikan pelayanan dan produk, tetapi juga ingin berperan dalam menjaga lingkungan, salah satunya menggunakan kendaraan motor yang bebas emisi karbon.

“SiCepat memilih motor listrik Volta yang menggunakan Sistem Ganti Baterai (SGB) sebagai kendaraan operasional agar lebih ramah lingkungan," urainya, Kamis (9/12).

Dengan diresmikannya kerja sama ini, melalui penandatanganan dokumen kerja sama yang dilakukan oleh pihak SiCepat, TFAS, dan Volta, harapannya SiCepat dapat memberikan kontribusinya terhadap kelestarian lingkungan, serta kerja sama yang makin erat di antara ketiga pihak ini.

Pada kerja sama ini TFAS Energi Indonesia yang merupakan anak usaha dari Telefast Indonesia berperan sebagai perusahaan yang menyewakan kendaraan motor listrik Volta kepada SiCepat.

Nantinya, sepeda motor ini menjadi kendaraan operasional mengantarkan paket-paket kepada pelanggan sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan, khususnya dalam jangka panjang.

Founder dan Chief Executive Officer (CEO) Telefast Indonesia Jody Hedrian mengatakan Telefast Indonesia membuat langkah signifikan dengan memasuki era ekonomi hijau dan terbarukan khususnya pada segmen green transportation.

"Menyadari potensi komersialisasi yang melekat pada motor listrik, ke depannya perseroan ingin terus berkembang dan memperluas kapabilitas produk dan layanan untuk memenuhi peluang ekonomi baru Indonesia," paparnya.

Direktur TFAS Energi Indonesia (TEI), Risky Nayendra, berharap penggunaan armada motor listrik Volta yang diinisiasikan oleh SiCepat Ekspres dapat memberi kontribusi positif terhadap perekonomian nasional berbasis ramah lingkungan.

"Tentunya dapat segera diikuti oleh para pelaku industri lainnya agar semakin memacu penggunaan motor listrik di Tanah Air untuk menuju Indonesia Zero Emission. Kami juga sangat mendukung penuh penggunaan motor listrik Volta baik bagi kalangan perorangan maupun institusi, prioritas kami melayani pasar menjadi kekuatan utama mencapai visi TEI,” jelasnya.

Sebanyak 10.000 Unit motor listrik Volta ini akan digunakan oleh kurir SiCepat mengantar dan menjemput paket pelanggan. Dengan teknologi yang modern, sepeda motor listrik Volta akan makin memudahkan mobilitas dengan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone.

Willty Awan, Direktur PT Volta Indonesia Semesta menilai kerja sama ini merupakan suatu rangkaian proses yang memunculkan keyakinan bahwa motor listrik Volta ini sudah bisa digunakan oleh SiCepat untuk pengiriman.

"Motor yang digunakan adalah motor listrik berbasis Sistem Ganti Baterai (SGB) dan dapat digunakan untuk jarak jauh, seperti yang kita tahu SiCepat pengirimannya ada di berbagai wilayah. Kurir juga tidak perlu khawatir apabila baterai rusak karena motor listrik Volta sudah dipersiapkan untuk keperluan operasional,” ujarnya.

Seremoni pembelian 10.000 unit motor listrik Volta ini digelar pada Rabu, 8 Desember 2021. Acara ini digelar secara simbolis di Gedung Marketing SiCepat Ekspres, Jakarta Selatan.

Acara peresmian ini dihadiri oleh Murwanto, COO SiCepat Ekspres yang didampingi oleh David Ceasario, General Manager Marketing SiCepat Ekspres, Jody Hedrian selaku Founder dan CEO PT Telefast Indonesia Tbk (TFAS), Risky Nayendra selaku Direktur PT TFAS Energi Indonesia (TEI), serta Willty Awan selaku Direktur Volta dan perwakilannya.

KINERJA TFAS

Adapun, pada periode 9 bulan tahun ini, TFAS yang merupakan bagian dari Grup Kresna berhasil mencetak pendapatan senilai Rp489,9 miliar atautumbuh 0,9 persen year-on-year (YoY). Laba bersih perseroan pun melejit.

Investor Relations Telefast Indonesia, Fuad Nugraha, mengungkapkan bahwa kenaikan pendapatan didukung oleh ketahanan segmen produk dan layanan digital di tengah kelemahan kondisi makro yang berkelanjutan.

Selain itu, TFAS mengalami peningkatan dalam pengelolaan modal kerja pada 9 bulan tahun 2021 (9M21), yang dibuktikan dengan arus kas operasi yang meningkat secara signifikan dari Rp5,6 miliar arus keluar di 9M20 menjadi Rp20,5 miliar arus masuk di 9M21.

Pada 9M21, TFAS berhasil mempertahankan profitabilitas operasional di tengah kondisi makro yang sulit.

"Laba bersih yang diatribusikan tumbuh 269,9 persen menjadi Rp38,4 miliar, didorong oleh pendapatan asosiasi sebesar Rp33,1 miliar (dari segmen logistik LDN dan Clodeo) per kuartal III/2021," urainya.

TFAS mempertahankan neraca yang tangguh dan ramping (0,33x utang bersih terhadap ekuitas pada 9M21). TFAS berada di posisi yang tepat untuk memperluas pasar Courier, Express and Parcel (CEP) Indonesia yang berkembang pesat, yang diperkirakan akan melampaui nilai pasar US$5 miliar pada tahun 2024.

Jaringan Drop Point SiCepat tumbuh menjadi lebih dari 6.100; Laba bersih LDN kuartal III/2021 tumbuh 182 persen secara kuartalan mencatat ekspansi berkelanjutan dari bisnis supply chain dan logistik perseroan yang secara resmi dikomersialkan pada akhir November 2020.

Jumlah drop point tumbuh menjadi 6.100 lebih dimungkinkan sebagian besar karena kolaborasi dengan mitra utama seperti Alfamart dan Shipper serta memanfaatkan 10.000 jaringan toko perseroan yang ada.

Ke depan, perseroan juga akan bekerja sama dengan perusahaan lain seperti MNC Travel dan OYO untuk memperluas jaringan drop point.

Laba bersih Logitek Digital Nusantara (LDN) 3Q21 tumbuh 182 persen secara kuartalan mencapai Rp40,0 miliar dari Rp22,0 miliar pada kuartal II/2021. Untuk 9M21, TFAS mendapatkan Rp24,9 miliar pendapatan asosiasi dari LDN yang berkontribusi sekitar 65 persen terhadap laba TFAS.

Momentum pertumbuhan ini sejalan dengan perluasan drop point & jaringan merchant yang berkelanjutan ditambah dengan tingkat penerimaan yang sehat dari layanan LDN oleh pasar luas. Perseroan menargetkan untuk menyebarkan 15.000 drop point pada akhir

Paxel menggandeng SiCepat sebagai mitra last mile dan LDN sebagai penyedia sistem, untuk membuka 10 rute pengiriman baru di kuartal IV/2021. Ke-10 kota tersebut antara lain Ciamis, Purwakarta, Subang, Indramayu, Cilegon, Serang, Karawang, Cianjur, Sukabumi, dan Lampung.

Kolaborasi ini diharapkan dapat mempermudah UMKM Indonesia untuk melakukan pengiriman, sehingga memanfaatkan potensi pertumbuhan ekonomi yang kuat dari kota-kota tier-2 di Indonesia. Ini menandai tonggak sejarah bagi TFAS dalam upaya berkelanjutan untuk memperluas jaringan 3PL ekosistem teknologi logistiknya.

TFAS meluncurkan bisnis ekspres berkonsep kontainer yang mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

TFAS bersama SiCepat meluncurkan Fastpoint, sebuah bisnis ekspres berkonsep kontainer. Kontainer tersebut akan menawarkan layanan drop point SiCepat dan produk serta layanan tambahan lainnya.

Fastpoint ditujukan untuk menyediakan lokasi yang strategis bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya.

Pada tahap awal peluncuran, Fastpoint akan fokus memenuhi kebutuhan pasar di kota-kota besar, kemudian secara bertahap melakukan ekspansi ke wilayah dan provinsi lain di seluruh Indonesia.

Memanfaatkan kontainer sebagai sarananya, Fastpoint menjadi sangat mobile & praktis serta dapat dengan mudah ditempatkan dimana saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.