Free

Potensi Kembangkan Developer Blockchain Kripto di Indonesia

Berdasarkan data dari platform Dappros, pada 2023, blockchain (web3) developer di Indonesia baru berjumlah 296 developers. Indonesia masih berada di bawah Singapura yang mencapai 657 developers.

Redaksi

27 Apr 2024 - 07.38
A-
A+
Potensi Kembangkan Developer Blockchain Kripto di Indonesia

Ilustrasi aset kripto./Istimewa

Bisnis, JAKARTA – Industri blockchain terus berkembang di Indonesia, salah satu yang tengah digenjot yakni bertumbuhnya para pengembang (developer) blockchain terutama dalam pengembangan aset kripto di INdonesia.

Devcon Brand Designer Tomo Saito memberikan apresiasi terhadap antusiasme komunitas kripto di Indonesia. Setelah bertemu dengan beberapa developer Ethereum di negara-negara Asia, dia antusias dan kreativitas para developer di Asia. 

"Meski dari segi jumlah developer Asia masih tertinggal, semangat para developer di sini sangat tinggi, itulah sebabnya Road to Devcon ketujuh akan diadakan di Asia Tenggara yang diharapkan dapat menginspirasi generasi ETH Developer berikutnya di Asia,” tuturnya dikutip Sabtu (27/4/2024).

Berdasarkan data dari platform Dappros, pada 2023, blockchain (web3) developer di Indonesia baru berjumlah 296 developers. Indonesia masih berada di bawah Singapura yang mencapai 657 developers. 

Baca Juga :


"Kami optimis pertumbuhan investasi crypto dan pengembangan teknologi blockchain di Indonesia akan terus berlanjut, disertai dengan peningkatan jumlah developer blockchain. Gelaran seperti Road to Devcon menjadi platform yang ideal bagi developer belajar sekaligus memperluas akses di dunia blockchain," kata Head of Community Pintu Jonathan Hartono. 

Ethereum Foundation meluncurkan program Road to Devcon (RTD) Grants untuk mendukung munculnya acara-acara Ethereum, membuka diskusi dengan komunitas, serta inisiatif untuk memberikan edukasi di berbagai wilayah salah satunya Asia Tenggara. Adapun Asia Tenggara pada 2024 dipilih menjadi penyelenggara Devcon ketujuh karena dinilai memiliki peluang besar dan perkembangan yang pesat.

Jonathan percaya Indonesia memiliki banyak sekali developer kripto berkualitas yang mampu mengembangkan sebuah project di bawah ekosistem Ethereum. Dia mengharapkan para developer dan komunitas bisa bereksplorasi, memperluas koneksi, serta mengambil pengalaman berharga dari para profesional di bidang Web3 untuk nantinya mengembangkan berbagai project menarik berskala global.

Baca Juga :

 

“Ethereum Meetup Indonesia ini menjadi salah satu rangkaian penting untuk menginformasikan kepada publik khususnya developer mengenai penyelenggaraan Devcon yang pertama kali akan diadakan di Asia Tenggara, tepatnya di Bangkok, Thailand, pada 12 hingga 15 November 2024. Kami mendorong para developer Indonesia turut berpartisipasi dan menampilkan berbagai project terbaik yang mampu bersaing di ranah internasional,” jelasnya.

Devcon Team Lead Skylar Weaver melihat Ethereum sebagai versi internet berikutnya yang memiliki tujuan untuk memberikan dampak secara langsung bagi negara-negara berkembang di Asia Tenggara seperti halnya Indonesia. 

"Adapun manfaat yang dapat dirasakan melalui penggunaan Ethereum antara lain; memberikan masyarakat akses terhadap layanan keuangan, akses terhadap uang yang tahan terhadap sensor, hingga mengutamakan privasi pengguna,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.