Potensi Kenaikan Bunga Kredit dan Ancaman Tekanan Laba Bank

Bunga kredit perbankan di dalam bayang-bayang kenaikan, seiring dengan potensi kenaikan bunga acuan Bank Indonesia di tengah tren kenaikan suku bunga global. Di tengah kondisi ini, profitabilitas perbankan berpotensi menjadi korban.

Emanuel Berkah Caesario

31 Mar 2022 - 19.49
A-
A+
Potensi Kenaikan Bunga Kredit dan Ancaman Tekanan Laba Bank

Petugas teller menata uang rupiah di salah satu cabang Bank Mandiri di Jakarta, Rabu (19/2/2020). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA — Di tengah tren pertumbuhan kredit yang terus meningkat dan suku bunga yang rendah, industri perbankan mulai menunjukkan gejala penurunan tingkat profitabilitas pada Februari 2022. Hal ini bisa jadi mengindikasinya berakhirnya era peningkatan kinerja bank.

Hal ini menarik, sebab kondisi ekonomi sejatinya cenderung terus membaik. Hanya saja, memang tak dapat dipungkiri bahwa sepanjang Februari 2022 lalu, gelombang ketiga pandemi menyebabkan terjadinya pengetatan mobilitas dan keraguan dunia usaha dalam menarik fasilitas kreditnya.

Di tengah tantangan ini, wacana peningkatan suku bunga kredit perbankan dapat makin menekan kinerja perbankan, meskipun hal tersebut kemungkinan sulit dihindarkan jika suku bunga global, terutama the Fed, terus meningkat.

Turunnya kinerja profitabilitas perbankan tercermin dari rasio margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) yang turun 13 basis poin atau dari 4,60 persen pada Januari 2022 menjadi 4,47 persen per Februari. Adapun return on asset (ROA) turun 21 bps menuju angka 2,32 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Potensi Kenaikan Bunga Kredit dan Ancaman Tekanan Laba Bank

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.