Potensi Peningkatan Dana Kelolaan Reksa Dana Berlanjut

Kondisi positif yang terjadi di pasar menjadi faktor utama yang mendorong kenaikan dana kelolaan di industri reksa dana beberapa waktu terakhir ketimbang penambahan subscription. Kondisi ini diyakini masih akan berlanjut hingga akhir tahun nanti.

Lorenzo Anugrah Mahardhika

15 Nov 2021 - 14.17
A-
A+
Potensi Peningkatan Dana Kelolaan Reksa Dana Berlanjut

ilustrasi investasi reksa dana

Bisnis, JAKARTA — Tren pertumbuhan dana kelolaan atau asset under management reksa dana diperkirakan akan berlanjut hingga akhir tahun ini yang ditopang oleh penguatan pasar saham dan surat utang.

Direktur Utama Pinnacle Persada Investama Guntur Putra mengatakan sepanjang Oktober 2021,  peningkatan asset under management (AUM) disebabkan oleh kenaikan pada AUM reksa dana pendapatan tetap dan pasar uang.

Meski demikian, peningkatan AUM di bulan lalu bukan ditopang oleh penambahan unit penyertaan (subscription). Salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan dana kelolaan ini adalah kondisi positif yang terjadi pada reksa dana pendapatan tetap.

“Secara overall ada reli pada underlying obligasi dan imbal hasil [yield] obligasi  mengalami penurunan, khususnya seri SBN acuan 10 tahun dari level 6,4% ke level 6,1%—6,2%,” katanya saat dihubungi Bisnis, pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.