Potret Buram Perlindungan Awak Kapal Perikanan

Perlindungan bagi awak kapal perikanan masih minim. Dari sekitar 40 konvensi internasional yang mengatur perlindungan pelaut baik di kapal niaga maupun kapal ikan, Indonesia baru meratifikasi sekitar tiga sampai empat ratifikasi saja.

Rustam Agus

15 Apr 2022 - 11.30
A-
A+
Potret Buram Perlindungan Awak Kapal Perikanan

Kapal ikan segera berlayar / Antara

Bisnis, JAKARTA – Hingga kini perlindungan bagi awak kapal perikanan masih minim dengan regulasi yang tidak jelas meskipun Indonesia merupakan penyuplai pekerja perikanan terbesar di dunia.

International Labour Organization (ILO) mencatat hingga tahun lalu, jumlah pelaut Indonesia mencapai 1.198.476 orang, terbesar di dunia, baik yang bekerja di laut bebas maupun di negara setempat sebagai pelaut residen. 

Masih lemahnya perlindungan bagi awak kapal Indonesia karena sejumah alasan, terutama masih banyaknya peraturan yang tidak sinkron dengan aturan internasional dan ratifikasi konvensi internasional yang juga minim. 

Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia mengingatkan perlindungan awak kapal perikanan selayaknya jangan dilakukan berdasarkan regulasi yang sifatnya parsial dan tidak menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus
company-logo

Lanjutkan Membaca

Potret Buram Perlindungan Awak Kapal Perikanan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.